Nasional.is.me

Get free Nasional.is.me

Sebelum menjadi buku cetak seperti sekarang, buku ini pernah dibagikan secara gratis dalam bentuk e-book. Apakah sekarang masih ada?

Kebetulan sih aku dapat buku Pandji ini gratis. Cetak lho. Ada tanda tangannya pula. Terima kasih banyak pada @bukukita yang telah mengadakan kuis berhadiah buku ini dan memilihku sebagai salah satu pemenangnya :D

Setelah aku mengunyah Nasional.is.me

Jujur sih, sebenarnya aku pernah baca ebooknya. Kalau nggak salah inget sih, aku downloadnya dari situs pribadinya Pandji  pandji.com).

Buku ini buku yang bagus. Buku yang bikin iri. Buku yang menginspirasi–terlepas dari gosip yang beredar mengenainya. Tapi kenapa kesannya buku ini dibuat untuk dibaca oleh anak-anak Jakarta. Terlalu sering Pandji membanding-bandingkan semua pemandangan indah di Indonesia dengan Jakarta (Daripada Jakarta, Bukan Jakarta, dst)

Dan kenapa, bahasanya harus dicampur-aduk? Bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa gaul yang mungkin dimengerti tidak sebagian besar orang. Sebenarnya, ada beberapa istilah gaul yang aku nggak ngerti apa, hahah.

Di bagian kota Jogja, Pandji juga kayaknya lupa kalau udah menyebut Taman Siswa di bagian awal sehingga nulis lagi mengenai itu di bagian akhir.

Ada beberapa kali typo, penggunaan kata “saya” yang kadang diganti dengan “gue”, mungkin agak mengganggu, tapi bukan masalah besar. Aku ada masalah nih dengan covernya. Terlalu soft-kah covernya? Sering banget melengkung sendiri kalau nggak ditindih benda lain ketika dibiarkan di udara terbuka. Apa hanya di bukuku ini saja ya? Semoga saja begitu.

Oh iya, Nasional.is.me bukan buku fiksi ya. Nasional.is.me itu buku memoar, alias catatan perjalanan hidup Pandji. Dari pengalamannya yang ajaib, dan mungkin bikin mupeng pembacanya, dia mencoba membeberkan kebaikan-kebaikan dan kelebihan Indonesia yang tak kalah (bahkan kadang melebihi) dengan negera-negara maju seperti misalnya Amerika.

Seberapa cinta sih kamu dengan negara kita ini, Indonesia? Besar? Sedikit? Benci dan malah ingin pindah ke negara yang lebih “wah” di mata kita? Baca dulu deh Nasional.is.me mungkin kalian akan merubah persepsi kalian mengenai negeri yang merdeka di tahun 1945 ini ;)

Judul: Nasional.is.me
Penulis: Pandji Pragiwaksono
Tebal: 344 halaman
Penerbit: Bentang Pustaka
Cetakan: pertama, Juli 2011
Stew Score: 5 of 5 bowls

0 comments:

Posting Komentar

 

I'm part of...

Follower

Berani ikutan?

http://feedmebook.blogspot.com/2016/02/master-post-tantangan-membaca-seveneves.html