So, I Married The Anti-fan by Kim Eun Jong

First line of So, I Married The Anti-Fan

Aku tidak akan bisa melakukannya.

Sececap So, I Married The Anti-Fan

Bagaimana reaksimu bila kamu tinggal satu atap bersama orang yang paling kamu benci? Yang membuatmu kehilangan pekerjaan, yang membuatmu ditendang dari tempat tinggalmu, yang membuatmu tidak merasa aman lagi karena seluruh dunia seolah-olah membencimu?

Pasti kamu lebih memilih untuk hengkang bukan?


Tapi Geun Yong tidak seberuntung kita yang punya pilihan untuk hengkang. Kondisinya sulit. Dia diberhentikan dari pekerjaannya. Dia punya tunggakan yang mesti dibayar. Dan dia tak bisa menunjukkan wajahnya di tempat publik. Sebab ada beberapa orang, yang mengaku sebagai fans (bukan fans Geon Yong), yang bisa jadi membahayakan keselamatannya!

Semua ini bermula ketika ia setjara tak sengaja mengetahui rahasia Hu Joon, salah satu selebritas paling terkenal di Korea Selatan. Dan berkat ia juga, Geon Yong tidak bisa menolak tawaran terbaik di hidupnya yang saat itu jungkir-balik: Bergabung bersama Hu Joon di variety show yang diberi nama So, I Married the Anti-Fan.

Citarasa So, I Married The Anti-Fan

Jujur, pada awalnya aku sempat khawatir bakal kesulitan dalam mengingat nama para tokohnya. Saat melihat beberapa K-drama di tv, aku seringnya mengalami hal itu: Kesulitan mengingat nama tokoh. Bahkan nama tokoh utamanya. Bahkan kadang aku juga lupa sama ini tokohnya apa karena wajah beberapa pemainnya nyaris mirip. Tapi mungkin karena ini buku dan bukan atjara tv, meski di dalamnya ada atjara tv, jadi aku tak mengalami kebingungan akan nama-nama tokoh-tokohnya.

Bitjara mengenai tokohnya, tokoh di buku ini tidaklah banyak. Iya, meski bukunya tebal sekali, tokohnya bisa dihitung dengan jari. Yang paling mentjolok, tentu saja, dua tokoh utamanya: Geun Yong dan Hu Joon.

Karakter favoritku Geun Yong. Dia itu tipe gadis yang punya semangat super tinggi. Lincah dan lutju. Aksinya nyaris selalu bisa mengundang tawaku. Pokoknya kalau ada dia kelutjuan nyaris selalu hadir di tengah-tengah kita. Paling epic, dan bikin aku tertawa-tawa (sampai kadang kalau terkenang adegan itu dan aku saat itu berada di tempat umum, aku menyamarkan tawaku dengan suara batuk), adalah adegan di ending. My God, nyaris sakit perut aku :)))))))))

Sebenarnya aku ingin memberitahukan kepada kalian, tapi entar sama aja dengan ngasih sop iler dong? Jadi ya kalian mesti mentjaritahunya sendiri dan kalau udah tahu ... Mari tertawa bersama :))))

Sementara Hu Joon ... karakter yang biasa ditemui di buku-buku: Tampan, serius, dingin, misterius. Kualitas-kualitas (?) yang ditunjukkannya pada Geun Yong. Tapi ketika tampil di depan kamera: Dia tampil bak malaikat yang penuh senyum dan sikapnya super ramah. Sikap yang bertolak belakang. Dan itulah yang ingin ditunjukkan Geun Yong pada dunia, bahwa sikap ramah dan murah senyum itu semuanya palsu. Tapi apa benar begitu? Apa benar Hu Joon memang seperti yang dituduhkan Geun Yong? Kalau benar, kenapa lantas orang baik yang menjadi orang terdekat Hu Joon terus-terusan bilang Hu Joon itu orang yang baik? Masa iya orang yang baik bikin orang lain dipecat dari pekerjaannya?

So, I Married The Anti-fan adalah novel (dari terjemahan) Korea pertama yang aku baca. Dan setidaknya ekspektasiku, bahwa buku ini akan membuatku terpingkal, sukses dipuaskan. Tapi aku agak miss ketika meraba soal maksud judulnya. Aku kira ... bakal ada beneran yang nikah. Jadi, mereka berdua kawin kontrak gitu seperti di K-drama yang pernah saya tonton (dan sampai sejauh ini masih menjadi favorit saya). Tapi ternyata tidak. Dua tokoh utamanya hanya ikut ke dalam variety show. Memang benar di sinopsisnya, yang tercetak di belakang buku, disebut soal show tersebut. Tapi aku ini bisa dibilang jenis pembatja yang jarang sekali membatja sinopsis singkat itu. Kesimpulannya menurutku ... judulnya tidaklah pas. Kenapa? Sebab menurutku kurang menggambarkan isi buku. Ditambah fakta bahwa Geun Yong sebenarnya ... *dibekep buku Fangirl* Syukurlah, ada yang ngebekep ... kalau tidak bakal ngasih sop iler deh, hahah.

Secara keseluruhan, sebagai pengenalan ke novel-novel yang bahasa aslinya Korea, So, I Married The Anti-fan sama sekali tidak mengecewakan. Membuatku membayangkan, gimana ya novel-novel berbahasa Korea yang lain? Sebelum mendapatkan buku ini, aku sempat mengadopsi juga buku Kim Eun Jeong yang lain sih. Yang judulnya Cheeky Romance. Soalnya kata teman buku itu buku komedi (salah satu genre favoritku!) Semoga buku itu selutju buku ini!

Lewat buku ini juga, aku belajar sedikit mengenai Korea Selatan. Sedikit budaya mereka. Kebiasaan mereka. Para selebritasnya. Para fansnya yang ... mengejutkan. Aku sudah pernah dengar soal para fans yang sikapnya "menarik" itu, tapi aku belum begitu mempercayainya sebelum membatja buku ini yang ditulis oleh orang Korea Selatan asli. Dan kebiasaan-kebiasaan lainnya, seperti semisal sebutan untuk mas-mbaknya. Yang ternyata penggunaannya berbeda bagi perempuan dan laki-laki :))

So, I Married The Anti-fan
Penulis: Kim Eun Jeong
Penerbit: Haru
Tahun terbit: 2015 (edisi cetak ulang cover baru)
Tebal: 525 halaman
Genre: Romance - Comedy - Realistic fiction - Korean Literature
Score: Almost - Yummy!
Target: Young-Adult (14 tahun ke atas!)

Posting ini diikutkan dalam Reading Challenge::

Kategori: Girl Power #5

https://perpuskecil.wordpress.com/2015/01/15/lucky-no-15-reading-challenge/
Kategori: Who Are You Again? #3

| |

P.S: Mau buku So, I Married The Anti-fan? Silakan melipir ke sini :3

75 comments:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. nama: naely ulya
    akun twitter: @naelyulya
    link share: https://twitter.com/NaelyUlya/status/661348207625007104


    komentar:

    setelah baca revienya aku jadi pengen baca bukunya semoga aja dapet. kayaknya ceritanya agak mirip sama drama korea full house, seorang artis yang tinggal satu atap sama wanita biasa yang lama-kelamaan saling jatuh cinta. daripada dijadiin film, aku lebih setuju novel ini dijadiin tv series gitu, kenapa? karena novel ini kan tebel banget, kayaknya kalau dibikin film, ceritanya bakal banyak yang diubah dan diskip mengingat durasi di film yang hanya 2 jam atau lebih, tapi semoga aja dibuat versi tv seriesnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Harusnya emang dijadiin tv series. Tapi tampaknya pihak produksi sudah melakukan yang terbaik dengan mengangkatnya ke layar lebar. Semoga filmnya bagus :3

      Hapus
  3. Dari dulu memang udah pengen buku ini... begitu baca reviewnya jd lebih pengen baca lagi... kalo di korea sih yg namanya haters ato antifans sih vokal banget... jadi hal seperti ini udah biasa... tapi mungkin sifat si artis ny kayak kulkas n sifat si antifans yang pecicilan kyk robot kelinci iklan batu baterai trus dibumbui ama komedi.. ini yg bikin cerita ini istimewa..

    yang bikin penasaran di review bang jun ini... kok ga disinggung sisi romantisnya... mana???????? Wakakak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh, emang iya ya belum kusinggung? :)) *batja review sendiri ... kapan-kapan aja dah* xD

      Hapus
  4. Aku jadi punya intonasi yang berbeda ketika batja review ini. :D Sampe tjapek nih Kak :D Oiya, jadi ini novel lutju sampai membuat pembacanya terpingkal-pingkal ya? Wah, ngebayangin kelutjuan karakternya kebayang kalau nonton drama Korea yang lutju-lutju, lucuya memang bikin penonton sampai tertawa terpingkal-pingkal, antara buku dan K-Drama mungkin tingkat kelutjuannya gak akan jauh bereda ya, bedanya mungkin kalau buku kita perlu mengimajinasikan sendiri adegannya.^^

    BalasHapus
  5. Kalo ini buku terjemahan korea pertama yang dibaca Rean, aq malah blm pernah baca terjemahan Korea sama sekali, hehehe...
    Baca review novel ini saya jadi penasaran dengan tokoh Geun Yong. Saya juga sering mengalami kesulitan mengingat nama tokoh Korea. Mungkin karena namanya beda sama dengan nama Indonesia & banyak huruf "o"nya :D
    Klo boleh usul, dikasih rate dong buku yang di review ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah aku kasih rate, lho. Di bagian bawah, ada kata score lho :3

      Hapus
  6. waktu baca review nya aja udah bikin penasaran pengen baca lengkapnya, apalagi cerita yang diangkat kena bngt, soal nya saya jga tinggal gak sendiri tapi bareng orang-orang yang berbeda-beda tempat yang baru dikenal(asrama) marselina. bangka belitung. @marselina31.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, saya juga pernah tinggal di asrama. Kadang, saat sedang ingin sendiri, jadi agak susah karena sekitar begitu ramai :))

      Hapus
  7. Glad you like it.
    Sepertinya ini bukan jadi novel Korea pertama yang dirimu baca ya. Dugaanku bahwa ini pertama kalinya dirimu membaca novel dengan unsur Korea. Soalnya kalau di novel lain yang bernuansa Korea meski buatan penulis lokal pun akan dijelaskan soal perbedaan panggilan untuk laki-laki dan perempuan dan si pembaca akan selalu ingat. :))
    You're so lucky bisa mencicipi novel kocak seperti ini. Saya belum kesampean nih. Makanya mau ikutan giveaway-nya hahaha. Thanks for the review yang bikin saya lebih menyadari kalau novel ini benar-benar punya sisi comedy super kocak. ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga segera berjodoh dengan buku ini :D

      Hapus
  8. Nama=Nurlis
    Twitter=@talaonurlis1
    domisili=sumatera barat


    geun yong kayaknya harus punya rasa sabar yang tinggi saat menghadapi hu joon dan hu joon memerlukan geun young dalam hidunya,untuk menseimbangkan sifat yang dingin dan misterius adalah orang yang ceria dan lucu seperti geun yong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kehidupan punya tjara tersendiri untuk membuat dirinya seimbang :3

      Hapus
  9. Dari review diatas nya aja udah lumayan tergambar sedikit plotnya, dan emang kayaknya plotnya agak gak nyambung yah sama judulnya, sama2 komen 'Aku kira..' ihihi jadi penasaran sama bukunya ><

    BalasHapus
  10. Berarti So, I Married The Anti-fan ini romcom ya? aih jadi makin penasaran pengen baca o(>w<)o
    pengen ikutan terpingkal juga :D
    Kalau bisa ketawa berarti terjemahannya bagus ya sampai humornya dapet?
    Alhamdulillah *loncat2 seneng*
    Makasih ya reviewnya :D

    BalasHapus
  11. Kalau boleh dibocorin, Geun Yong dan Hu Joon kira-kira seperti siapa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya bentuk fisik mereka? Waduh, aku tidak begitu tahu sama artis-artis Korea :)))

      Hapus
  12. Hmm, dari blog pertama sampai blog ini, menerangkan sifat-sifat tiap tokoh berbeda. Ada yang bilang Geun Yong begini, ada yang bilang Geun Yong begitu. Yang pasti tambah bikin ga sabar pengen cepet-cepet baca buku nya����

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga segera berjodoh dengan buku ini ya :D

      Hapus
  13. Syukurlah kalau nama tokoh lumayan mudah diinget, soalnya aku pernah baca novel korea yang namanya hampir semua mirip, jadi bingung dan bikin nggak nyaman.

    Bisa sampai inget terus kelucuannya ya? Berarti buku ini sukses menghadirkan rasa senang.

    Menurutku novel ini unik karena biasanya cewek pasti ngidolain tuh sama yang namanya cowok tampan, artis, apalagi yang misterius dan dingin. Beuh, pada makin penasaran dan ngejar-ngejar. Tapi di buku ini si cewek malah benci. Beneran bikin pengen tahu kelanjutannya.

    Kira-kira gimana cara Geun Yong menghadapi Hu Joon? Apa yang bikin Geun Yong berada di kondisi sulit? Apa hutang, ancaman, atau apa?
    Dan apa sebenarnya hal yang ingin kakak katakan hingga dibekap fangirl? Hmmm
    Dan satu lagi, mereka beneran married di akhir cerita? Gimana kejadiannya?

    Ckckck biasanya aku nggak suka sama novel korea, tapi yang ini aku tertarik setelah dibuat penasaran sama kakak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mengetahui semua jawabannya, berarti sobat P mesti membatja bukunya ;)

      Hapus
  14. Haloo kak, salam kenal hehehe
    aw.. Riviewnya unik kak, beda dari yg lain :D
    Kita sama kak, So I Married The Antifan ini, novel terjemahan korea yg saya baca. Nah, dari situlah saya mulai menyukai K-iyagi dari Haru.
    Kalo untuk masalah tokohnya saya nggak susah membedakan sih, karena udah keseringan nonton K-drama. Jadi, udah terbiasa dengan namanya, kebiasaan orang korea, dan juga budayanya.
    Kalo menurut saya, judulnya oke-oke aja sih *saya sebenarnya nggak tau masalah apa judulnya cocok dengan novelnya atau tidak, yg penting novelnya bagus, itu mah nggak saya pikirin* hihi
    Awalnya saya kira tulisannya ada typo loh seperti kata 'Bitjara' eh ternyata ada banyak kata yg memang -mungkin- gaya menulisnya emang kayak gitu yah kak? Kok bisa begitu? *kepo*
    Oh, iya untuk keseluruhan, novel ini bagus sih, cuma di awal-awal emang kayak ngebosenin karena alurnya yg lambat. Saya udah 2x baca ini loh :p *tapi belum punya novelnya sih, -sigh-*
    Satu lagi, Cheeky Romance ceritanya emang lucu hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mungkin emang masalah di kebiasaan aja kali ya x))

      Kalau soal judul, aku punya pendapat yang berbeda. Judul adalah representasi pertama sebuah cerita dan akan membentuk ekspektasi ke mana cerita akan dibawa :))

      Awal dari "c" menjadi "tj" ... hnn, agak lupa sik :)) Tapi belakangan, karena aku pengen ngenalin ke masyarakat bahwa, hei, Indonesia lho pernah beberapa kali ganti tatanan penulisan :))

      Hapus
  15. Wahh, jadi tambah pengin #SoIMarriedTheAntifan >< Penasaran sama keunikan benci jadi cinta dari sudut pandang antifans dan idola. Apalagi ketiga covernya digarap keren dan bermakna. Gara-gara bestseller bahkan sampai dijadikan film, siapa sih yang nggak gregetan pengen cepet-cepet baca ><

    Paling demen deh sama cowok dingin dan nyebelin macam Hu Joon. Meski nyebelin tapi punya kisah masa lalu yang kelam, dipertemukan pula sama Geun Yong yang bernasib sial dan sengsara karena harus hidup seatap dengannya. Konflik dan kelucuan yang mereka hadapi bener-bener jadi poin unggul yang membuat semua orang penasaran. Apalagi aku, udah gregetaaan nih xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah, semoga segera berjodoh dengan buku ini ya xD

      Hapus
  16. Sebentar biar aku ketawa dulu ahhahahaa... XD aku suka banget cara kakak ngereview novel ini, tau deh nggak bosenin banget dan bikin ngakak XD
    Oke mulai komen tentang novel yang pengen pengen pengen dan pengeeeeeeen banget aku baca. Aku udah luamaaaaa banget suka korea, suka juga novel-novel korea. Dan So, I married the anti-fan ini salah satunya yang pengen banget aku baca.
    Liat covernya aja seger banget warnanya cerah. Sangan menggambarkan tentang idol dan antifansnya.
    Uh ide ceritanya juga menarik banget kan. kalau di WGM kan dua artis yang pura-pura nikah tuh lah ini sama antifansnya. Gimana coba, aaaaak penasaran banget ingin batja (:

    Salam,
    Evita @evitta_mf

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senang bisa bikin ketawa xD

      Semoga beruntung ya. Dan berjodoh dengan buku ini :D

      Hapus
  17. Nama: Renita Agustina
    Domisili: Bekasi
    Akun twitter: @taemtaww98
    Tautan berbagi: https://twitter.com/taemtaww98/status/662997318744981504

    Ceritanya k-drama banget (katanya). Walaupun jalan cerita cenderung bisa ketebak, tapi aku penasaran sama gimana akhir perjalanan Couple Hu Joon dan Geun Yeong di variety show “ So, I Married Antifan “. Kalau dibayangin, mungkin variety shownya itu semacam WGM kali, ya? Cuman bedanya disini ‘menikah’-nya sama orang yang jadi antifans kita. Entah apa aja yang dilakuin Geun Yeong buat ngebales Hu Joon, apalagi katanya banyak komedi yang terselip pas scene mereka lagi berantem.

    Berbagai macam tingkah para fans Hu Joon pas tau si Geun Yeong bisa tinggal serumah sama bias mereka, trus gimana reaksi si Hu Joon sendiri nanggapin perilaku para fansnya? Cuek kah? Atau ada timbul rasa kasihan ke Geun Yeong? Dilihat dari pendeskripsian awal karakter Hu Joon yang cool, have a good atitude, dll lumayan bisa bikin kepo sama keseluruhan isi ceritanyanya. Mupeng banget lahh sama novel ini, hehehe …

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orang kedua yang nyebut WGM. WGM teh apa? :))))

      Untuk tahu jawaban darei pertanyaan-pertanyaanmu, segera batja bukunya :D

      Hapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga segera berjodoh dengan buku ini ya :D

      Hapus
  19. Sebenarnya sama sekali Saya bukan penggemar K-Pop. Hanya saja terkadang ikut terhanyut dengan keadaan jika teman sedang menonton Drama berlatar "Negeri Ginseng." XD Tapi, karena #SoIMarriedTheAntifan merupakan sebuah novel, sudah pasti Saya menyukainya, sedikit mengeksplor kebutuhan baca Saya dengan karya penulis luar. Yang sedikit Saya sangsikan So I Married The Anti-fan ini terjemahan, seringkali Saya gagal melahap habis buku-buku terjemahan karena bahasanya yang sangat formal, berasa lagi baca buku paket XD Namun, karena telah Tour dari blog ke blog, membaca Review mereka mengenai karya Kim Eun Jeong satu ini, Saya semakin tertarik. Selain karena terjemahannya pas, isi buku juga menantang untuk dibaca, terlebih dengan konflik yang disajikan remaja banget layaknya Saya yang suka perang mulut sama cewek-cewek, kali aja bisa naklukin perasaan mereka. Hihi. *dikeplak

    Kalau untuk drama atau lainnya dengan setting Korea sudah serigkali Saya saksikan di layar. Tapi dalam sebuah buku, sangat belum. I likeeee it full!

    Terima kasih!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, sob! Saya juga bukan penggemar K-Pop! xD

      Boleh deh perang mulut di buku ini dipraktekin, yah, siapa tahu setelah itu dapat jodoh xD Tapi ingat perang mulutnya tidak sampai bikin saling bentji ya, tapi mesti menimbulkan rasa rindu yang menggebu x))

      Hapus
  20. Wah kalau buku lucu bisa buat refresing nih :)

    BalasHapus
  21. Nama: Nur Fajrina
    Domisili: Jogja
    Twitter: @HYUNMinho
    link share: https://twitter.com/HYUNMinho/status/663972099191541761

    Another late-love story. Sebenernya udah lama sih pengen buku ini tapi kok di toko buku ga ada terus stoknya :( Temanya bikin penasaran. Seperti yang kita tahu di Korea sana banyak banget haters sampe sasaeng fans. Dan dengan mengangkat tema yang benar-benar ada di dunia nyata seperti ini, saya rasa menarik sekali. Apalagi di Korea sana para haters itu ngeri banget kalo udah benci sama seorang artis. Dan di novel ini malah diangkat kisah percintaan antara haters dan sang artis. Hihi jadi semakin penasaran..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli online saja, kak. Misal beli di @story_eater (twitter) xD

      Hapus
  22. Sama! Aku juga salah ngira arti judul itu. Aku ngiranya si antifan terlibat skandal gitu yg mengharuskan dia menikah sama si idol. Taunya... Itu nama acara variety show :))
    Kalo aku emang suka novel Korea terjemahan, apalagi yang ada sisi komedi nya gini. Komedi romantis, pas banget kan.
    Di review ini ngga dikasihtau ya kalau mereka nantinya saling suka. Asli deh penasaran banget sama apa aja yg dilakuin si Geun Yong sama Hu Joon di rumah itu, kok bisa2nya mereka yang tadinya saling benci kayak kucing dan anjing tiba2 timbul benih2 rasa suka?
    Tapi di review ini diceritain detail sifat dua tokoh utama nya, dan aku baru tau kalau Hu Joon itu didepan kamera sama dibelakang beda kepribadian xD Makin penasaran deh gara2 kalimat macem begini "tapi entar sama aja dengan ngasih sop iler dong?" Geli2 gimana gitu bacanya, tapi itu maksudnya gamau ngasih spoiler kan ya? Kayaknya plesetan dari kata spoiler ya ngga si? Wkwk baru sadar loh
    Fixed banget ini review novel paling koplak yang pernah aku baca, huruf c diganti tj, unik banget, jadi punya ciri khas tersendiri kalo review begini pasti punya kak FJrean. Kayaknya aku bakal blogwalking kesini deh kalo ada review novel baru :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ... makasih ya, jadi terharu :')

      Semoga segera berjodoh dengan buku ini ya :D

      Hapus
  23. Oooo jadi ini nama acaranya tohh. Wah kirain beneran nikah gitu ceritanya :D.
    Well, kisah ini menarik banget ya kak, baca judulnya aja udah penasaran :D. Ceritanya itu ngak Maenstream gituu. apalagi nanti udah baca XD.
    penasaran banget dengan kehidupan Hu Joon dan Geun Yeong yang (katanya) penuh dengan adu mulut mereka yg tiada habisnya ^^
    oh, ya ini novel mau diadaptasikan menjadi film lhoo kak ^^ pemeran utamanya itu Chanyeol EXO!! kenal ngak? kalo ngak kenal ngakpapa deh, tapi kalo kenal..... WAOWW banget ngak? ^^
    ngak mau panjang-panjang ah, udah segini aja cukupkan kak? hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak kenal xDD

      Tjukup kok :3

      Good luck ya!

      Hapus
  24. Buatku sih tindakan Geun Yong ini bikin greget, ngakunya sih nggak suka dan anti fan garis keras sama Hu Joon, padahal bisa jadi dia adalah fans garda terdepan yang bakal semangatin idolanya itu. Ah, sebenarnya iri sih sama dia, anti fan kadang lebih beruntung ya dibanding fans-nya sendiri? Makanya, dipikir-pikir mending jadi anti fan deh daripada fansnya, ya siapa tahu bisa ikut variety show kayak Geun Yong-Hu Joon tadi.

    Dari review Kak FJ sih sebenarnya kurang lengkap mungkin ya, soalnya dari sebagian review yang aku baca (ditambah bocoran dari teman yang sudah baca bukunya) ada cerita tentang In Yong, yang aku sendiri nggak tau siapa, mungkin bisa ditambahin si pemeran ini tanpa harus ngasih spoiler yang berlebihan. Soal jalan cerita alias alur boleh juga ditambahkan, tapi kalau itu bikin spoiler, mending jangan deh, akan lebih mengesalkan sebenarnya kalau ada review dengan bocoran, hehe xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya dia awalnya bukan anti-fan lho, dan sebenarnya ... *dibekep buku* x))

      Iya, emang ada In Yong. Tapi antara kita berdua saja ya, aku enggak gitu suka In Yong (eh, yang lain ikut batja juga ya? Ya udah nggak pa-pa xD ).

      Oke, oke, bukan itu alasan sebenarnya. Alasan aku tidak memasukkan In Yong itu karena aku ingin fokus membahas Geon Yong dan Hu Joon :3

      Hapus
  25. Ditambah penasaran setelah baca review diatas. Suka..suka..suka..

    BalasHapus
    Balasan

    1. Semoga segera berjodoh dengan buku ini ya :D

      Hapus
  26. Jadi Geun Yong yg kehilangan pekerjaan, diusir dari tempat tinggal, banyak tunggakan, harus tinggal sama orang yg dibenci pula, waduh seperti udah jatuh ketimpa tangga kesiram air bekas cucian pula, lengkap sudah penderitaan...poor Geun Yong.
    Tapi sebenarnya Geun Yong termasuk beruntung juga siy karena walaupun harus tinggal sama orang yg dibenci, Hu Joon itu kan ganteng, jadi mata gak sepet lah yaa ngeliatnya :D

    Ada satu yg unik dari tulisan di review ini, penggunaan huruf 'c' dengan 'tj'. Awalnya ketika baca kata 'setjara' aku pikir itu cuma typo, tapi ternyata ditemuin lagi dibeberapa kata seperti atjara, bitjara, lutju, kelutjuan, mentjaritahunya, dan membatja. Aku baru nemu di sini niy. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah, huruf "c"-nya emang disengaja! xD

      Oia, kalau pendapat aku pribadi ya, Geon Yong emang beruntung sik, tapi bukan karena Hu Joon tamvan, tapi karena Geon Yong hidupnya jadi lebih menarik x))

      Hapus
  27. Keseeeeeeel baca review yang ini tuh. Kentang banget. Pas udah penasaran sama ceritanya eh malah di stop karena takut spoiler. Hahaha. Tapi ya bagus juga sih, kan jadinya bikin penasaran, jadi pengen baca. daripada dikasi tau semua kan malah gak ada kejutan lagi pas baca

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, kan. Emang harus di-stop :)))


      Semoga segera berjodoh dengan buku ini ya :D

      Hapus
  28. cuma baca review aja, aku kaya ngebayangin diri sendiri yang jadi antifan, terus tinggal serumah sama bias, terus.. teruss..
    hehe

    Novel genre romcom masuk list favorit novel aku sih jadinya langsung suka sama spoiler novel ini. apalagi mau diangkat jadi movie dengan lead malenya member Eksoh^^ makin ga sabar pengen baca novelnya, jadi udah ga dag dig dug ser kalau nonton movienya, hahaha..
    review kakak lucu yah, ala ala jadul gitu, easy-reading juga bahasanya..
    novel ini lumayan jadi tambahan referensi bacaanku nih, udah lama juga ga baca novel romcom, jadi kangen^^
    overall, review kakak bikin rasa penasaranku makin menjadiii-_-
    keren kak, SIMTAF siap siap kulahap kayanya^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah, makasih :))


      Semoga segera berjodoh dengan buku ini ya :D

      Hapus
  29. Jujur. Aku kurang tertarik dengan novel korea. Sering baca, tapi selalu dibuat kurang nyaman dengan nama-nama tokohnya. Lalu aku lihat giveaway ini! Buku yang dicetak ulang dan (jujur), covernya jadi jauh lebih menarik buatku. Aku penasaran dan mencoba baca reviewnya. Melihat tanggapan bagus dari para blogger, aku pun mulai berpikir bahwa penggunaan nama tokoh-tokoh nya tidak menjadi masalah, bila dibandingkan dengan isi cerita yang menyenangkan dan cocok seperti apa yang aku suka. Romance, Comedy, realistic fiction, ugh. It would be perfect! Just give it to me, please ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengennya sik ngasih ke semuanya, tapi karena hanya bisa memilih dua ...


      Semoga segera berjodoh dengan buku ini ya :D

      Hapus
  30. Jadi aku udah ngebayangin bagaimana nasib Geun Yong dan Hu Joon kalau tinggal seatap. Dari reviewnya sih udh bikin aku ngebayangin pasti ribut mulu bawaannya hahaha. Kbr baiknya novel ini bakal dijadikan film yg diperanin sama Chanyeol EXO dan artis cina *lupanamanya* jadi sebelum nonton filmnya, aku mau baca novelnya dulu. Biar liat perbedaannya hihihi >••<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah, masa mau liat perbedaannya. Entar bikin enggak nikmatin filmnya lho :))


      Semoga segera berjodoh dengan buku ini ya :D

      Hapus
  31. Hmm... Kayaknya ini lucu bakal seru. Komedi romantis kalau nggak salah tangkep. Ngingetin juga sama drama Full House. Si Lee Youn Jae sama Han Ji Eun. Bedanya di buku ini si cewek antifan-nya si cowok. Ahh, jadi pengen baca, nih.

    Mana cara reviewnya bikin penasaran banget lagi. Yang jadinya biasanya aja jadi tertarik buat baca.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih :3

      Semoga segera berjodoh dengan buku ini ya :D

      Hapus
  32. wah sama kak, saya juga sulit mengingat nama2 tokoh dalam film korea. Tapi apa iya ya kak, endingnya selucu itu sampek kak Rean segitunya ketawa...?? hihihi... Tapi yang jelas happy ending kan kak... ??! :D Makin penasaran nih terutama sama endingnya yang buat kak Rean terkenang-kenang... :D

    Terima kasih ya kak reviewnya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, lutju sekali. Aku ketawa lagi nih gara-gara teringat adegan itu xD

      Happy ending enggak ya? xP

      Sama-sama, terima kasih sudah batja reviewnya (^^)

      Hapus
  33. review kakak beda deh, masih pakai ejaan lama untuk huruf "c"-nya hihi :D
    wah, jadi ini novel terjemahan korea pertama yang kakak baca? dan kakak langsung puas? duh! aku bener-bener pengin banget baca buku ini jadinya. yang baru pertama aja langsung puas, itu artinya ceritanya memang menarik. aku rasa ekspektasiku sama dengan kakak :D sebagai seorang cewek, mungkin aku bakal pilih Hu Joon sebagai tokoh yang aku sukai. dari penggambaran karakter yang kakak jabarkan; tampan, serius, dingin, dan misterius. whoaa bikin ngiler :D apalagi denger2 novel ini bakal di film-kan dan tokoh utamanya Chanyeol EXO, dah..dah.. cocok banget lah hahah:D
    eh, gimana tuh endingnya? kok kakak bisa tertawa sampai nyaris sakit perut? adegan lucu apa yang digambarkan disana? penasaran banget aku :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh, untuk mengenalkan edjaan lama yang pernah jadi sejarah Indonesia :3

      Adegan yang pokoknya lutju pakai dewa! xD


      Semoga segera berjodoh dengan buku ini ya :D

      Hapus
  34. Wah, gaya penulisan kakak unik nih. C digangi TJ, kembali ke zaman dulu hihi ... :3

    Well ... secara cover novel ini emang menarik perhatian banget. Meski begitu awalnya saya gak tertarik buat ngebacanya. Tapi karena promosi yang bagus dari penerbit haru (lagi) dan review2 yang oke (apalagi di postingan ini, sumpah interesting banget :3) saya jadi tertarik pake banget buat baca novel ini, dan bakal jadi novel terjemahan korea pertama yang saya baca.

    Hmm ... ternyata Geun Yong gak beneran nikah sama Hu Joon ya? Tapi akhirnya mereka jadian kan? :3

    Ngebaca review ini aja udah ngerasa seru banget. Apalagi baca novelnya. Sosok cewek kocak yang disandingin sama cowok tamvan nan cool emang de beslah :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangsa yang besar adalah bangsa yang mengenang masa lalunya *apeu *kata siapa? xD

      Beneran nikah enggak ya? Jawabannya ada di buku x))


      Semoga segera berjodoh dengan buku ini ya :D

      Hapus
  35. Wow, bisa dibilang untuk sebuah novel romance, novel So, I Married The Anti-fan ini sangat sangat tebal.
    Bayangkan saja tebalnya melebihi 500 halaman.>_<
    Sudah kaya novel Harry Potter saja.
    Biasanya kan novel romance itu tebalnya paling-paling berkisar antara 200-300 halaman.
    Awalnya sebenarnya ragu buat membaca novel ini.
    Alasannya sederhana, apa iya novel romance setebal ini mampu membuat pembacanya tidak bosan dan terus mau mengikuti kisahnya hingga akhir halaman?
    Paling-paling novel romance ya permasalahannya berkutat pada hal-hal itu saja.
    Namun membaca reviewnya, pemikiran saya mulai berubah.
    Terlihat bahwa sepertinya konfliknya tidak sesimpel yang saya bayangkan.
    Banyak konflik-konflik yang tampaknya bakal muncul di pertengahan cerita.
    Inilah yang membuat saya ingin mendapatkan novel ini.
    Semoga lewat blogtour ini saya berhasil mendapat 1 copy novel ini untuk melengkapi koleksi novel-novel Haru saya di rumah.:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada banyak kok novel romansa yang halamannya lebih dari 500. Romansa mungkin hal yang ketjil, tapi hal ketjil ini adalah hal yang paling susah didefiniskan *bahasa gue xDD

      Oke, semoga segera berjodoh dengan buku ini, sob :D

      Hapus
  36. Awal perkenalanku dengan novel terjemahan dari Haru adalah ketika membaca The Wind Leading to Love.
    Dan aku suka sekali ketika membacanya. Terjemahannya juga enak dibaca, ga ada ambigu yang membuat bingung.
    Sejak saat itu aku menjadi Haru addict.
    Setiap ada novel baru dari Haru selalu aku nantikan, termasuk novel So, I Married The Anti-fan ini.
    Aku sendiri penasaran dan ingin mendapatkan novel ini karena katanya So, I Married The Anti-fan merupakan cetak ulang dari novel berjudul
    sama yang telah diterbitkan juga oleh Haru.
    Itu artinya dulu novel ini merupakan best seller sehingga akhirnya Haru memutuskan untuk mencetaknya kembali.
    Karena saat dulu novel ini rilis, aku belum mengenal Haru, tentunya aku belum pernah membacanya.
    Sekarang setelah dirilis lagi dengan cover baru, tentunya tidak boleh aku lewatkan donk.
    Wajib punya!!!
    I love all Haru books.^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, wajib punya.

      Semoga segera berjodoh dengan buku ini ya :D

      Hapus
  37. Jujur, pusing harus komen apa. Salut deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komen kayak gini juga boleh kok. Komen yang asal sopan dan bukan komen promosi, pasti bakal lolos moderasi :3

      Hapus
  38. setuju banget. karena pengarang nya asli korea. jadi biasanya akan dimuat cerita tentang kebiasaan orang korea. dan tidak banyak diketahui banyak orang. jjang! novel ini lah

    BalasHapus

 

I'm part of...

Follower

Berani ikutan?

http://feedmebook.blogspot.com/2016/02/master-post-tantangan-membaca-seveneves.html