Close-Up Interview: Zelie Petronella

BBI atau Blogger Buku Indonesia, dari namanya saja sudah ketahuan kalau komunitas itu beranggotakan blogger-blogger yang mencintai buku lebih dari apapun mengulas soal buku. Sejak diluncurkan bulan April tahun 2011 lalu, komunitas itu berkembang pesat dan kini anggotanya telah mencapai ratusan.

Di kesempatan kali ini, dalam rangka ulang tahun BBI yang kedua--yang jatuh bulan April kemarin, salah satu pengurus BBI mengusulkan acara Close Up Interview (CUI) dimana para anggota BBI berkesempatan membuka aib mewawancara anggota BBI lainnya.

Meski sangat terlambat, karena ada masalah teknis dan sebagainya, Story Eater Tales masih mendapat kepercayaan untuk meng-CUI salah satu anggota BBI. Siapakah dia?

Langsung saja kita sambit sambut dengan tepuk tangan yang meriah, Zelie Petronella!


Kak Zelie bersama dengan Clara Ng
- Apa kabar... Buku-bukunya kak Zelie?
Zelie: ... Buku-buku saya dalam kondisi yang baik. Aman dan tenteram di raknya yang terlindung dari serangan rayap.

- Kalau kak Zelie sendiri... Ah, tentu saja kak Zelie dalam kondisi baik sekali, kalau tidak bagaimana mungkin bisa datang ke Story Eater Tales, iya-kan?
Zelie: ... Ya, kira-kira begitulah.

- Saya rasa cukup basa-basinya... Sejujurnya, saya agak malas basa-basi, heheh.
Zelie: Santai saja. Saya juga tidak punya waktu untuk basa-basi kok, hihi.

- Pertanyaan buat kak Zelie, maaf nih sebelumnya, boleh tahu kenapa nama panggilan kak Zelie itu Zelie? Apa nggak takut diidentikkan dengan makanan yang kenyal?
Zelie: Ya abis namanya Zelie, kalau nama saya Thalia sih, saya pasti dipanggil Thalia :)) #ter-Marimar

- Boleh tahu arti nama lengkap kak
Zelie? Kalau nggak merepotkan, boleh deh sekalian sejarahnya, heheh
Zelie: Zelie itu karena bapak saya pengennya saya jadi anak cewek terakhir. Makanya jadi inisialnya Z. Trus katanya sih terinspirasi dari penyanyi perancis yang namanya ada mam'zelle nya gitu (mam'zelle artinya nona kalau gak salah).

- Masih buat kak Zelie, Apa kegiatan sehari-hari kak Zelie?
Zelie: Bernapas, makan, mandi, baca buku, nulis...
- Maksud saya, kakak ini kuliah atau sudah kerja?
Zelie: Saya bekerja sebagai staf admin :)

- Buat kak Zelie lagi, Kak Zelie masih ingat kapan pertama ngeblog? Aku yakin pasti masih ingat *sotoy! Apa alasan kak Zelie ngeblog? Berapa blog yang kak Zelie punya? Dan kenapa nama blog bukunya diberi nama (url) littleangelinme?
Zelie: Wah, sayang banget saya enggak inget kapan pertama kali bikin blog. Yang pasti, saya itu orangnya "sok gaul", jadi dari pertama blog "lahir",saya udah punya.

Makanya saya susah punya blog pake
nama saya, karena mungkin udah pernah saya pake di masa lampau dan lupa pass (+emailnya juga? XD) Alasan nge-blog,karna pengen punya wadah buat menyalurkan apa yg ada di pikiran saya. Saat ini saya punya 4blog. Tiga di wordpress dan satu di tumblr (menurut saya sih tumblr termasuk blog ya :p) dua personal, satu blog buku dan satu blog berisi tulisan saya (cerpen dan semacamnya).

Kenapa littleangelinme? Sebenarnya, saya termasuk penimbun blog :)) jadi, saya sudah punya address ini dan karena masih "kosong",akhirnya
dirubah untuk jadi blog buku. Littleangelinme sendiri awalnya karena
saya suka menyebut diri sendiri Lila alias Lil'a alias Lil'angel (bukan terinspirasi dari mbak Lila anggota BBI juga ya, hehehe) dan saya rasa cocok aja dijadikan link u/ buku karena setiap berhubungan dengan buku, there's always a little angel in me that dancing and shining #lebay

- Bagaimana awal kak Zelie bertemu
dengan buku dan jatuh cinta padanya?
Zelie: Saya dibesarkan di keluarga yang cinta buku,tapi entah kenapa cuma saya yang "kelewatan" cinta.. :))

- Genre favorit?
Zelie: sebenernya sih saya seneng baca aapa aja.. Tapi paling sering baca buku anak dan romance :D
- Kenapa suka genre tersebut?
Zelie: Karna dunia anak itu selalu menarik untuk dibahas dan cinta tak pernah membosankan untuk dibahas.

- Buku paling terfavorit kak Zelie?
Zelie: Matilda by Roald Dahl. Buku itu yg bikin saya jatuh cinta sama gaya penulisan Roald Dahl.

- Pertanyaan berikut ini juga masih buat kak Zelie, saya lihat di bio twitter kak Zelie, kak
Zelie seorang writer ya? Boleh
tahu judul buku yang kak Zelie tulis?
Zelie: Aduh,saya jadi malu baca
pertanyaannyaaa :)) jadi,saya belum
pernah nulis buku. Tapi karna saya selalu diyakinkan kalau harus menyebut diri sendiri penulis biar "terpacu",jadi
begitulah. Saya sih penulis di blog ajaa.. Doakan yaa supaya novelnya segera rampung.
- Amin :)

- Lagi-lagi buat kak Zelie, hei kreatif, mana pertanyaan buatku? *dilempar buku telepon jadul* Eh iya, aku kan host-nya, hahah. Kita masuk ke pertanyaan cepat... Bila saya menyebut kata saya itu artinya kak Zelie. Kak Zelie hanya melanjutkan kalimat saya saja. Bisa diterima?
Zelie: sippirili~

- jika saya menang voucher belanja buku senilai 1 juta, buku yang akan beli adalah:
yaaah, cuma sejuta nih??? #ngelunjak :)) maunya sih beli boxedset LOTR plusboxedset Malory Towers (cukup gak yaaa?? XD)

- jika saya sedang bepergian, buku yang tak pernah lupa saya bawa adalah:
Bible^^ plus novel yg tipis,apa aja yg kepikiran

- tempat, boleh kota atau negara atau dunia lain sekali pun (?), yang ingin sekali saya kunjungi adalah:
dimana aja yg pantainya bagus dan ada dolphinnya! :))

- saya bakal marah dan tidak lagi meminjamkan buku saya pada teman saya bila buku itu...
tidak dibaca dalam waktu 7x24 jam! XD

- menurut saya, hal terpenting dari sebuah buku (fiksi) adalah...
plot dan karakter, plusss..NAMA!! :p

- saya pernah gemas membaca buku, buku yang menurut saya seharusnya tak layak terbit dan buku itu berjudul...
duh,gak enak hati,soalnya kenal sama penulisnya, tapi..ada lah :))

- buku yang sudah lama jadi wishlist saya tapi sampai sekarang belum juga terwujud adalah:
a box of an unfortunate event series.. *berharap ada yang tergerak*

- Sekarang lebih cepat lagi...
- Toko buku konvensional atau toko buku online? konvensional!
- Paperback atau ebook? paperback
- Baca sambil tiduran atau sambil duduk? duduk, sambil tiduran bikin mata rusak :p
- Ditemani cemilan (makanan) atau minuman? minuman, makanan tangan belepotan
- Kopi, teh, susu, air putih? Air putih
- Malam hari atau siang hari? Malam
- Buku terjemahan atau buku bahasa asli? Buku dengan bahasa aslinya: inggris/indonesia.
- Romance atau children literature? Nggak bisa, mesti pilih salah satu! [Sok yakin banget bakal dijawab "dua-duanya" atau "nggak bisa milih salah satu" x)) 
hahaha, ketauan yaa gak bisa milih :( children deh :D

- Buku dibakar atau buku disobek-sobek? beuh! Kejahatan intelektual! Sobek aja
deh,bisa dibenerin
- Buku dicoret-coret atau buku dilipat-lipat?dicoret,anggep aja buku pelajaran XD
- Typo atau tulisan yang tercetak nyaris tidak terbatja? Bakar penerbitnya! #sadis typo aja deh
- Typo atau halaman hilang? Ini sih nyebelin banget :)) typo deh
- Karakter yang unik atau setting tempat yang unik? karakter. Susah bayangin tempat unik.
- Kisah cinta bersegi atau kisah cinta temporer? Kisah cinta bersegi,makin banyak makin seru #drama-abis
- Sihir atau peralatan canggih?wah,sulit nih! Peralatan deeh..
- Menulis atau membaca? menulis yang bisa dibaca, membaca yang akan ditulis #maksabanget
- Cerpen atau novel?novel
- Novel bestseller atau novel yang menang awards (tapi tak jadi bestseller)? Menang awards deh. Best seller suka meragukan.

Oke, ambil napas dulu. Kak Zelie haus? Silakan ambil sendiri di pantry kalau haus #eh

- Lanjut ke pertanyaan selanjutnya, Apa sih yang menjadi motif utama Jepang menyerang Pearl Harbour? Eh, lho soal apa ini? Aduh maaf kak Zelie salah soal. Kreatifnya ini...
Zelie: Hahahaha! Nggak apa... Saya mau kok menjawabnya.
- Kak Zelie tahu? :O
Zelie: Waktu itu saya belum lahir, jadi belum tau alesannya XD
- Yee -_-" hahahah xD

- Terakhir nih, Apa alasan kak Zelie gabung dengan BBI?
Zelie: Karena aku suka baca, tapi baru sekarang gitu berniat "serius" dan gabung sama komunitasnya. Nah, sepertinya ini komunitas yg tepat nih, yaa udah deh gabung :D

- Kalau saya gabung BBI karena--ADOUW! Siapa yang lembar-lembar Yellow Pages? Apa? Iya, iya, aku tahu aku cuman bertugas menginterview tapi nggak apa dong--oke, oke, aku tahu. Iya, bentar lagi aku tutup acaranya.

Biasa kak, durasi, heheh.

- Pertanyaan terakhir buat kak Zelie...
Zelie: Lho, pertanyaan terakhir lagi--
- ini beneran yang terakhir, kak, heheh. Kak Zelie suka nggak sih di-interview oleh saya yang terkenal sebagai salah satu orang terkepo di Indonesia? =p
Zelie: Suka aja kok, lucu dan unexpected gitu pertanyaannya :))
- Aww, makasih :')
Zelie: Makasih juga buat wawancara yang menyenangkannya! :D

Apakah kamu seorang blogger yang sering juga menulis resensi atau review buku? Maka, jangan ragu untuk gabung dan menjadi bagian dari Blogger Buku Indonesia. Sumpah, anggotanya tidak ada yang suka gigit kok. Soalnya semua anggotanya manusia, bukan vampir atau pun werewolf.

Tapi, bila kalian tidak punya blog atau tidak berminat gabung BBI karena kurang sreg dengan peraturannya, tidak ada masalah. Selama kita punya misi mengajak banyak orang untuk mencintai dunia batja-membatja, kita berada di jalur yang sama.

Mengajak orang lain membatja buku, sama dengan kita telah membukakan jendela dunia pada mereka.

Saya, F.J. Ismarianto dan inilah Story Eater Tales.


6 comments:

  1. Kocak, hahaha...
    salam ya, buat mbah zelie :') #eh

    BalasHapus
  2. - saya pernah gemas membaca buku, buku yang menurut saya seharusnya tak layak terbit dan buku itu berjudul...
    duh,gak enak hati,soalnya kenal sama penulisnya, tapi..ada lah :))

    Hmm...kok kayaknya aku bs nebak ya? #sotoy X)

    BalasHapus
  3. gyahaahah, baca bagian yang cepat aku jadi ikut cepat bacanya, ehmmm mamzelle, jadi inget karakter di malory tower :D

    BalasHapus
  4. puhdan yaa, sembarangan ajaa manggil mbah, nama baikku hancur :))

    mbak dewi, siapa, siapa?? rahasia aja yaa XD

    kak sulis: huahhaa, aku juga jadi kebawa, jawabnya buru2 :p iya, papaku random banget ya, kebanyakan baca novel enid blyton mungkin :P

    BalasHapus
  5. Jadi dipanggil mbah? :)))

    Kalau kak Dewi bilang tahu, kok kayaknya saya bisa ikutan nebak juga ya? :))))

    BalasHapus
  6. Hahahaha.. interview yang seru :))

    BalasHapus

 

I'm part of...

Follower

Hey, Jun!