The Fellowship of the Rings (LOTR #1)


Photobucket

Sekilas mengenai The Fellowship of the Rings

Di sebuah desa yang tenang di Shire, seorang hobbit muda bernama Frodo Baggins mendapat warisan cincin bertuah yang menyimpan kekuatan dahsyat dari pamannya Bilbo Baggins. Namun ternyata cincin ajaib itu, yang bisa membuat penggunanya menghilang memiliki kekuatan jahat. Kekuatan jahat yang ingin segera dikembalikan ke tuan pemiliknya.Agar cincin utama itu tidak jatuh ke tangan Sauron yang jahat, Frodo mesti mengadakan perjalanan panjang dan penuh bahaya ke gunung api di Mordor, untuk memusnahkan cincin tersebut. Bersama kedelapan sahabatnya, ia berangkat. Dipimpin oleh Gandalf sang penyihir, kesembilan pembawa cincin itu memulai perjalanan. Tapi Sauron dan para anak buahnya tidak tinggal diam.
Apakah Frodo akan berhasil mencapai gunung maut?

Setelah aku mengunyah The Fellowship of the Rings

Meski novel ini bergenre fantasy, yang merupakan genre spesialisku, tapi aku kurang bisa menikmatinya. Sama seperti ketika membaca The Hobbit, aku merasa buku ini lebih mirip dongeng sebelum tidur untuk anak-anak.

Aku nyaris bosan sebelum mencapai bab pertengahan, atau ketika sebelum keempat hobbit sampai di Rivendell. Dari sinilah aku merasa agak sedikit mulai takjub dengan penulis The Fellowship of the Rings; JRR Tolkien.

Kenapa baru takjub?

Dalam sejarahku membaca novel, aku belum pernah menemukan penceritaan sebuah adegan dalam percakapan. Biasanya dituliskan dalam bentuk narasi kilas balik. Tapi di LOTR #1 ini, penceritaan adegan masa lalu dituliskan dalam bentuk dialog. Komplit dengan percakapan masa lalu orang yang menceritakan, termasuk ekspresi ketakutan, senang, terkejut, dst.

Membaca novel yang sudah difilmkan, terkadang membuat kita jadi membanding-bandingkan antara keduanya. Dan aku melakukannya–meski pernah diprotes oleh seorang sahabat.
Film dan buku itu dua media yang kurang lebih berbeda.

Begitlah katanya. So Far, Novel LOTR #1 ini recommended banget untuk dibaca. Kisah fantasy klasik yang setidaknya dibaca sekali dalam satu kehidupan, haha.

Judul : Lord of the Rings #1 : The Fellowship of the Rings
Penulis : JRR Tolkien
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tebal : 501 halaman

0 comments:

Posting Komentar

 

I'm part of...

Follower

Hey, Jun!