Friday's Recommendation

Ini adalah pertama kalinya aku ikutan Friday Recommendation–yang tampaknya digagas oleh Kak Ren (author of Ren’s Little Corner).
Ada dua kategori dalam Friday’s Recommendation. Yang pertama adalah Rekomendasi Buku untuk Diterjemahkan, dan yang lainnya adalah Rekomendasi Buku Pilihan.
Di Friday’s Recommendation-ku yang pertama ini aku ingin merekomendasikan buku ini untuk diterjemahkan:
feed
Feed (Newsflesh Trilogy #1)
Penulis: Mira Grant
Genre: Zombie, Science Fiction, Dystopia, Young-adult, Post Apocalyptic
Terbit pertama kali: 1 Mei 2010
Tebal: 599 halaman (paperback terbitan Orbit)
Sinopsis :
The year was 2014. We had cured cancer. We had beaten the common cold. But in doing so we created something new, something terrible that no one could stop. The infection spread, virus blocks taking over bodies and minds with one, unstoppable command: FEED. Now, twenty years after the Rising, bloggers Georgia and Shaun Mason are on the trail of the biggest story of their lives - the dark conspiracy behind the infected. The truth will get out, even if it kills them.
Catatan: Bagian We had cured cancer ini agak-agak mirip dengan I Am Legend-nya Richard Matheson.

Sudah lama sekali aku tahu (dan penasaran dengan) buku ini. Pernah juga aku mengusulkan buku ini pada seorang editor yang bekerja di salah satu perusahaan penerbitan terbesar di Indonesia. Secara seri buku ini nilai ratingnya bagus, mendapatkan banyak komen positif, memenangkan penghargaan di Goodreads Choice Awards 2010. Tapi Dia bilang sih, mungkin untuk sementara penerbitnya akan menerbitkan novel lain yang stand-alone alias nggak seri, katanya, “Nggak gampang lho nerbitin buku berseri.Banyak tekanan dari para fans... Intinya bikin stres karyawan.”

Selain alasan-alasan diatas, aku merekomendasikan buku ini untuk diterjemahkan karena genrenya.

Masih sangat jarang sekali buku-buku bertema (utama) zombie diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Setahuku yang baru diterjemahkan adalah Warm Bodies–tapi zombie di WM nggak horor, lebih ke romance (FYI, Warm Bodies itu retelling Romeo dan Juliet, lho).

Aku juga belum menemukan banyak buku (fiksi) yang protagonisnya adalah seorang blogger (setahuku baru Joshua Files saja). Karena ada dystopia-nya, jelas aku dibikin penasaran bagaimana trio blogger di dalam trilogi ini melawan pemerintah yang (dari sinopsis dan beberapa review yang aku baca) kemungkinan besar menyebabkan virus zombie menjadi endemik dan nyaris mendorong umat manusia menuju kepunahan.

Punya rekomendasi buku berbahasa asing yang belum diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia? Kenapa tidak ikutan Friday’s Recommendation dan membagikannya pada dunia? Untuk tata caranya silakan berkunjung ke blog kak Ren di sini.

0 comments:

Posting Komentar

 

I'm part of...

Follower

Berani ikutan?

http://feedmebook.blogspot.com/2016/02/master-post-tantangan-membaca-seveneves.html