Menaklukkan Tantangan Membaca Buku-buku Fantasi

Saat itu malam hari ketika Jun, panggilan akrab F.J. Ismarianto, secara tak sengaja tersasar ke Alice's Wonderland. Tapi dia sama sekali tak menyesal. Malah dia gembira. Kalau dia tak tersasar, bagaimana dia akan menemukan cinta tantangan membaca yang membuat seluruh inderanya tergelitik?

Setelah membaca syarat dan ketentuan untuk berpatisipasi, dan tak menemukan kendala atau peraturan yang tak disukainya, cowok yang doyan banget makan beling kacang telor ini tanpa ba-bi-bu juga be-bo langsung mendaftarkan diri dengan nick "FJ" pada Fantasy Reading Challenge yang diadakan oleh Maria "Hobby Buku" dan Ally.

"Karena tantangan ini mudah sekali dan aku yakin sekali bisa menaklukkannya. Secara fantasi dan fiksi ilmiah makananku sehari-hari," jawab Jun ketika ditanya alasan mengikuti tantangan membaca itu.


Tapi badai dahsyat sempat menerpanya ketika Sherina, sahabat dan merupakan ponselnya, tiba-tiba jatuh sakit. Buku-buku digital yang rencananya akan dibacanya seluruhnya hilang!

Ketika dikonfirmasi soal hal itu Jun malah tertawa.

"Memang aku sedih buku-buku digital itu ke-wipe. Tapi aku lebih cemas pada kesembuhan Sherina. Buku masih bisa dicari, tapi sahabat yang mengerti kita..." Jun memutuskan kalimatnya dari situ. Dari kantong matanya yang berwarna hitam tampak jelas sekali dia vampir kurang tidur.

Mungkin sebagian dari kalian penasaran buku-buku apa saja yang telah Jun lahap selama satu tahun mengikuti tantangan membaca ini. Dan sebab ia mendaftar sejak bulan Desember, otomatis buku-buku yang memenuhi syarat adalah buku-buku yang dibaca atau direview (olehnya) di bulan Januari. Berikut ini daftarnya:


Daftar buku yang dibaca yang terbit tahun 2013 (dalam peraturan tantangan, buku yang terbit tahun ini tak dimasukkan dalam hitungan):
- Life Before Legend by Marie Lu
- Raven by Lauren Oliver
- TLF: The Last Days of Lorien by Pittacus Lore
- As The Slip Away by Beth Revis
- Sever by Lauren DeStefano
- TLF: The Forgotten One by Pittacus Lore
- Rise of Nine by Pittacus Lore

"Segitu masih sedikit kali, kak," jawab Jun ketika ada yang menyatakan ketakjubannya akan jumlah buku fantasi yang dibaca olehnya. "Masih banyak yang lebih dariku. Di atasnya langit masih ada langit. Entah ada apa di atas langit ketujuh," imbuhnya.

Oh ya, denger-denger ada kategori khusus di tantangan membaca tersebut.

"Ya, itu benar. Ada kategori khusus. Berikut kategori khusus itu, beserta buku yang aku masukkan dalam kategori tersebut:

1. Indo Fantasy: Fleur - Fenny Wong
2. Award Winner: Stardust - Neil gaiman [Geffen Award (2000), Mythopoeic Fantasy Award for Adult Literature (1999), ALA Alex Award (2000)]
3. Mythology: Eon - Alisson Goodman
4. Movie Adaptation: Cloud Atlas by David Mitchell
5. High Fantasy: Harry Potter #7 - J.K. Rowling - [sesuai daftar di sini semua seri Harry Potter adalah high-fantasy].

Begitu banyak buku yang kamu baca, apa kamu tidak ada kegiatan lain Jun selain mengerjakan hobimu tersebut?

"Jangan salah, membaca bukan lagi hobiku. Membaca sudah menjadi bagian dari hidupnya," pungkasnya sebelum terbang ke kahyangan (?)

Note: Postingan ini adalah posting rekapan untuk Fantasy Reading Challenge.

7 comments:

  1. >> Ryana as Roro
    Heheheh

    >> Bu Puspita
    Terima kasih :'D

    BalasHapus
  2. bengong melihat daftar RF fantasi mas Jun

    BalasHapus
  3. Kenapa bengong, Lina? Nggak ada yang bikin takjub ah :)))

    BalasHapus
  4. Hi Jun, congratulations sdh berhasil menuntaskan challenge ini, & trm kasih sdh turut meramaikan, semoga beruntung terpilih sebagai pemenang ya :D

    BalasHapus
  5. Makasih kak :)
    Amin. Pilih aku jadi pemenang ya, Kak :'D

    BalasHapus

 

I'm part of...

Follower

Berani ikutan?

http://feedmebook.blogspot.com/2016/02/master-post-tantangan-membaca-seveneves.html