Incognito - Windhy Puspita Dewi

Sekilas mengenai Incognito

Erik dan Sisca tak pernah membayangkan mereka bisa berpetualang seperti cerita di buku-buku yang mereka baca. Sejak pertemuan mereka dengan Carl, cowok berkebangsaan Belanda dari masa lampau, yang secara mendadak muncul dan menyeret mereka secara tak sengaja dalam petualangan waktu–Carl memiliki mesin waktu berbentuk jam. Namun sayangnya, mereka tidak bisa memilih dimana dan kapan mereka bisa “melompat”. Mesin waktu milik Carl sudah lama rusak bahkan sebelum mereka bertemu.Dan petualangan mereka pun dimulai. Bertemu tokoh-tokoh terkenal. Bertemu Archimedes di abad sebelum masehi, dibantu Huckleberry Finn karena dia mengira Erik dan kawan-kawan adalah kawanan pelarian, tersasar di kapal Charles Darwin yang sedang berlayar ke pulau Galapagos, hingga ke jaman Musashi hendak melakukan pertarungan bersejarahnya. Termasuk ketika Erik nyaris terhapus dari sejarah karena secara tak sengaja Carl ikut campur dalam proses percintaan orang tuanya.
Apakah mereka bisa pulang kembali ke waktu masing-masing? Atau akan terus terjebak di salah satu tempat yang bahkan mereka tak tahu dimana? Dan apakah Erik akan terhapus dari sejarah?

Setelah aku memakan Incognito

Overall, ini adalah novel teenlit Indonesia yang masuk daftar atas novel favoritku. Hanya saja aku cukup memberinya nilai 3,5 bintang. Aku belum bisa memberi nilai sempurna karena ada beberapa hal yang cukup mengganggu. Pertama, kurangnya porsi dari ceritanya. Terlalu cepat sekali waktu melompatnya dari satu tempat ke tempat yang lain. Kedua, pembaca hanya disuguhi sebuah bacaan ‘penglihatan’ bukan bacaan ‘yang dirasakan’. Bagian dimana ada Musashi, bagian yang paling aku suka adalah bagian terkeren. Bahkan keadaan Erik yang nyaris mati menurutku hambar.
Yang bagus adalah sifat tegas Erik. Aku rasa sifat Erik yang simple, tegas dan langsung kesasaran merupakan daya tarik tersendiri di novel ini. Juga bahasa-bahasa yang digunakan oleh penulisnya. Tak hanya bahasa Inggris, juga Jepang, tapi juga bahasa lain seperti Belanda dan Latin. Juga kepiawaiannya dalam menggabungkan fakta sejarah dengan bumbu imajinasi. Terutama di bagian Huckleberry Finn merupakan hal yang patut diacungi jempol.

Judul: Incognito
Penulis : Windhy Puspitadewi
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Halaman : 208


0 comments:

Posting Komentar

 

I'm part of...

Follower

Berani ikutan?

http://feedmebook.blogspot.com/2016/02/master-post-tantangan-membaca-seveneves.html