Lupa Endonesa by Sujiwo Tejo

Tak ada yang salah. Namanya juga nglindur.
- halaman XI

Bila boleh berkata jujur, jujur sama sekali tak pernah terlintas di benakku untuk membatja Lupa Endonesa karya Sujiwo Tejo ini. Serius. Seandainya aku tidak menang dalam kontes yang diadakan oleh penerbit Mizan di facebook .... grup atau fanpage ya? Sebenarnya, aku agak lupa, hahah #terus-ditimpuk-Go-Set-A-Watchman, aku juga lupa dalam rangka apa (jiah!) Kalau nggak salah sih ulang tahun Mizan #terus-ditimpuk-lagi-dengan-Great-Expectations xD ... Mungkin seumur hidup aku tidak akan membatja Lupa Endonesa. Selain karena buku ini tak masuk radar wishlist, buku ini bukan buku yang masuk dalam genre favoritku.


Tapi semesta telah memutuskan. Aku pun membatja buku yang unik ini. Dan yang mengejutkan, aku menyukainya. Buku ini buku yang bagus!

Buku ini bukan buku non-fiksi seperti yang kuduga sebelumnya. Eh, atau non-fiksi ya? Soalnya yang disoroti adalah hal yang benar-benar terjadi di Indonesia. Seperti semisal kasus korupsi, kasus yang menimpa para artes (?), hal-hal yang sedang “hit” di Indonesia, dan seterusnya.

Atau Lupa Endonesa ini semi-fiksi? Sebab meski yang disoroti hal nyata, permasalahan-permasalahan tersebut diceritakan dengan tokoh-tokoh pewayangan. Tapi lantas apa bedanya itu dengan fiksi? Bukankah fiksi adalah kisah yang belum tentu nyata tapi kadang menduplikasi atau menuturkan hal-hal yang nyata?

Jun .... Jangan bikin bingung deh. Mau ditimpuk pakai Great Expectations atau Go Set A Watchman?

Mau banget! :))))) #eh

Kembali ke Lupa Endonesa.

Terlepas itu fiksi atau bukan, buku ini buku yang bagus. Dikemas dalam bentuk kumpulan cerita pendek, dengan tokoh-tokoh pewayangan sebagai para karakternya, dan dibalut dengan komedi satir yang seringnya mengundang tawa.

Bila kalian mentjari cerita yang memiliki klimaks, atau bila kalian mentjari adegan kejar-kejaran di pantai sambil mendendangkan lagu-lagu bernada syahdu yang mematju adrenalin, maka buku ini tidak cocok denganmu. Tapi bila kalian merasa pemisis (atau optimis juga bisa) dengan negeri kita tertjinta ini, dan merasa muak tapi tidak bisa lari dari serbuan hal-hal seperti korupsi, skandal, atau hal-hal yang sudah diduga banyak orang saking seringnya hal-hal itu terjadi, maka buku Lupa Endonesa ini mungkin akan tjotjok untuk kalian.

Terkadang hal yang membuat api harapan kita menciut perlu ditertawakan. Sebab dengan tawa, ada kemungkinan denyut harapan itu kembali membesar.

Apakah kamu seseorang yang Lupa (pada) Endonesa?

Lupa Endonesa
Penulis: Sujiwo Tejo
Penerbit: Bentang Pustaka
Tahun terbit: 2012
Tebal: 232 halaman
Genre: Komedi
Score: Yummy!
Target: Young - Adult (16 tahun ke atas)

2 comments:

 

I'm part of...

Follower

Berani ikutan?

http://feedmebook.blogspot.com/2016/02/master-post-tantangan-membaca-seveneves.html