Master Post: Tantangan Membaca Seveneves

Tak terasa tahun 2016 sudah berjalan lebih satu bulan. Bagaimana kabar semangat membatja dan menulis review kalian? Masih sekencang angin badai yang bertiup di lautan? Atau kebalikannya, loyo dan butuh asupan vitamin penyemangat?

Emang apa kabar semangat membatja dan menulis review-mu, Jun? Aku lihat blogmu akhir-akhir ini banyak dihiasi sarang laba-laba saking seringnya dirimu nongkrong di Instagram.

Erm, iya sih. Gara-gara sering jadi fotografer abal dadakan aku jadi jarang menulis review super panjang di blog. Aku hanya menulis review singkat di Instagram-ku, @photorean, dan sudah. Apa? Tentu saja Instagram-ku isinya kebanyakan foto buku. I love take pictures of my books :))) *terindikasi promosi terselubung xD*

Oke, balik ke asupan vitamin penyemangat.

Karena aku pun membutuhkan vitamin tersebut maka aku, Jun @ Story Eater Tales, bersama sahabatku, Ryana as Roro aka R. Maryana @ Ryana's Locker, membuat TANTANGAN MEMBATJA alias READING CHALLENGE!

http://feedmebook.blogspot.com/2016/02/master-post-tantangan-membaca-seveneves.html

Tentu saja tantangan membatja ini, atau dalam bahasa Inggris disebut Reading Challenge, terbuka bagi siapa saja.Tidak seru tentunya bila kami hanya menantang diri kami sendiri. Kecuali ... yah, kalian takut tidak bisa menaklukkan tantangan ini. Aku yakin kalian bisa menaklukkan Seveneves Reading Challenge ini. Kenapa? Karena aku, yang mudah terdistraksi ini, juga yakin bakal bisa menaklukkan tantangan membatja ini.

Oia, omong-omong tantangan membatja ini kami beri nama Seveneves Reading Challenge. Kenapa kami beri nama tantangan kami dengan nama itu? Tak lain dan tak bukan karena ...

... Aku dan Ryana masing-masing akan memberikan tujuh tantangan. (Catatan: contoh buku adalah buku-buku yang rentjananya aku batja untuk tantangan ini).

Tantangan dariku :
1. Buku dengan cover merah - Contoh: Wonder (edisi terjemahan)
2. Buku dengan jenis huruf pada sampul yang kalian suka - Contoh: [belum diputuskan]
3. Buku dengan setting tempat/waktu yang kamu suka - Contoh: Harry Potter (edisi ilustrasi)
4. Buku dari penulis "baru" bagimu (baru di sini adalah kalian baru pertama kali membatja karya-karyanya) - Contoh: Alice in Zombieland (ini buku pertama Gena Showalter yang aku batja)
5. Buku yang telah diadaptasi ke dalam film atau series - Contoh: Water for Elephants
6. Buku dari penulis Eropa - Contoh: Great Expectations
7. Buku dengan ilustrasi di dalamnya - Contoh: [belum diputuskan]

Tantangan dari Maryana :
8. Buku yang ditulis oleh penulis Indonesia namun berlatar di luar negeri - Contoh: Kedai 1001 Mimpi
9. Buku dengan tokoh utama anak-anak - Contoh: The Lord of Flies
10. Buku dari penulis favorit - Contoh: Another Day
11. Buku nonfiksi yang merupakan pengalaman penulisnya - Contoh: Honeymoon with my Brother
12. Buku bantal (ketebalan minimal 500 halaman) - Contoh: Dunia Sophie
13. Buku Fantasi karya penulis Indonesia - Contoh: Sabtu Bersama Bapak
14. Buku Trilogi - Contoh: Grisha trilogi

Catatan (lagi): buku-buku yang rentjananya aku batja itu ... bisa berubah sewaktu-waktu xD

Total buku yang dibatja, 16 buku. Buku trilogi ini ... ketiga-tiganya dibatja. Bukan salah satunya.

Nah, merasa mampu menaklukkan tantangan membatja kami? Eits, sebelum mendaftarkan diri, kalian boleh membatja syarat dan peraturan buat ikutan:
1. Siapa saja boleh mendaftar. Manusia, android, cyborg, peri, boleh ikutan. Tidak terbatas bagi blogger saja. Bagi mereka yang tidak punya blog bisa tetap ikutan dengan menggunakan facebook atau Goodreads. Tapi hanya yang memiliki domisili di Indonesia yang dapat diikutkan dalam penilaian untuk mendapatkan ... batja sampai habis posting ini ya untuk mengetahuinya :p

2. Membuat master post. Bagi yang mendaftar dengan Goodreads, tidak diwajibkan membuat master post, tapi diperkenankan untuk membuat shelves tersendiri, semisal "seveneves-rc" untuk mempermudah pencariannya. Master post-nya boleh singkat, semisal hanya berisi judul buku yang hendak kalian batja, atau sepanjang jalur kereta bawah laut Inggris-Perancis, atau boleh juga copas master post milikku ini (tolong diedit ya itu bagian awalnya xD).

3. Mendaftar di formulir Google yang tersedia di bawah.

4. Memasang banner Seveneves Reading Challenge di blog kalian. Boleh ditautkan ke master post ini atau master post di blognya Ryana. Bagi pengguna facebook dan Goodreads tidak diwajibkan.

5. Membuat review buku yang telah dibatja (review yang diterima adalah review yang ditulis dari 15 Februari 2016 hingga 31 Januari 2017) Batja ulang, aka re-read, diperbolehkan asal review yang ditulis adalah review baru, bukan posting ulang. Tentu saja boleh digabung dengan tantangan membatja lainnya.

6. Buku yang dibatja boleh buku dalam bentuk apa saja. Boleh buku konvensional, boleh pula buku digital aka ebook. Novel, nonfiksi, novel grafis, komik, boleh asal tebal minimal adalah 150 halaman.

7. Membuat post rangkuman atau wrap post di akhir periode.

Untuk mendaftar, silakan mengisi formulir di bawah ini:





Apa? Hadiah?

Tentu saja ada hadiah. Bagi satu penantang, yang berhasil menaklukkan seluruh kategori di atas, akan diundi untuk memenangkan voucher buku senilai Rp 150.000 (belum termasuk ongkir, buku harga sebelum diskon)

Ada pertanyaan? Silahkan bertanya lewat kolom komentar. Bila dirasa jawaban pertanyaan kalian agak lambat direspons maka kalian mesti sabar boleh bertanya via twitter di @FJrean atau @ryana_maryana.

Berani menundukkan tantangan ini? ;)

Atau malah sudah punya review untuk disetorkan? Kalau sudah bisa disetorkan pada linky di bawah ini:

4 comments:

  1. Hmmm... ga harus jadi anggota BBI utk ikut tantangan ini? ;)

    BalasHapus
  2. Ikutan Jun ...walau rada moody akhir-akhir ini, at least buat boosting deh :D
    Sign-Up & Master Post menyusul ya

    BalasHapus

 

I'm part of...

Follower

Berani ikutan?

http://feedmebook.blogspot.com/2016/02/master-post-tantangan-membaca-seveneves.html