Howl's Moving Castle by Diana Wynne Jones

Howl's Moving Castle

Istana yang Bergerak
Penulis: Diana Wynne Jones
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit: 2009
Tebal: 328 halaman
Seri: Howl's Moving Castle #1
Genre: Fantasi - Adventure
Target: Young Adult (15 tahun ke atas)
Score: Yummy!

Kalimat pertama Howl's Moving Castle

: Di Ingary, negeri tempat hal-hal seperti sepatu bot ajaib dan jubah yang bisa membuat orang menghilang benar-benar ada, agak kurang beruntung bila kau dilahirkan sebagai sulung dari tiga bersaudara.

Sebelum membaca bukunya, aku sudah menonton adapatasi film Howl's Moving Castle.

Dan aku suka dengan adaptasi filmnya tersebut.

Meski penggambaran Howl di adaptasi itu tampak terlalu cantik untukku--dia cowok, omong-omong. Atau emang dibikin gitu? Lagipula di bukunya sendiri Howl dikenal sangat pesolek oleh orang-orang terdekatnya.

Di Howl's Moving Castle, cerita diawali dengan sedikit latar belakang dunianya. Di mana anak pertama akan selalu menjadi yang tidak beruntung di antara sodara mereka. Dan itulah yang dialami Sophie. Dia "terjebak" di toko topi keluarganya, sementara kedua adiknya bisa pergi dari rumah untuk mencari ilmu dan peruntungan. Sophie yang tahu nasibnya akan buruk tidak melakukan apa-apa untuk mengubah hidupnya. Walau begitu dia tetap bekerja dengan tekun di toko topi yang nantinya bakal diwarisinya.

Meski terkadang, mungkin saking frustrasinya, dia mengajak bicara topi-topi yang dibuatnya.
Hidup Sophie yang cukup buruk untuk standarnya, dan standar kedua saudarinya, kemudian berubah jadi semakin buruk ketika dia didatangi oleh nenek sihir jahat. Menurut si nenek sihir, Sophie berusaha menyainginya.

Sophie tentu saja kaget, bagaimana cara dia menyaingi si nenek? Dia hanyalah gadis biasa-biasa saja. Dia bahkan amat sangat jarang sekali keluar toko. Dia bahkan tak pernah melakukan sihir, tak punya juga peralatan sihir atau peliharaan gaib, jadi bagaimana mungkin dia mengobarkan perang ke salah satu penyihir paling ditakuti di seluruh Ingary?

Untuk membuat Sophie menyesal, si Nenek Sihir mengutuknya menjadi tua.

Tentu di dunia yang mengenal sihir, kutukan semacam itu sering dilancarkan. Tapi mantra yang ditujukan ke Sophie merupakan mantra khusus, berlapis-lapis, yang membuat banyak orang tak menyadari bahwa Sophie kena kutukan.
Lalu dimana peran Howl? Masa dia yang jadi judul buku malah nggak muncul?

Sama seperti si nenek sihir, Howl adalah salah satu penyihir yang ditakuti. Dan yang membuatnya semakin terkenal adalah dia punya istana yang bergerak.

Sophie yang sudah tua, memutuskan untuk keluar rumah. Toh tak ada yang bakal mengenalinya. Saat keluar rumah inilah dia bersilang jalan dengan istana Howl yang berjalan. Karena dia berpikir sudah tua, dan tak ada lagi yang perlu ditakutkan, dia mengundang dirinya sendiri masuk ke istana itu. Dan sejak dia menginjakkan kaki di istana itu, hidupnya berubah jadi lebih menarik.
Dia juga menemukan fakta bahwa Howl tidaklah seperti kata orang.

Kecuali bahwa dia suka mengejar gadis-gadis.
Dibanding filmnya, buku Howl's Moving Castle punya perbedaan yang cukup besar. Salah satunya yang cukup mengganggu adalah asal usul Howl. Aku yang saat membaca bukunya terbayang oleh filmnya, mendapati hal ini cukup mengejutkan. Dan bukannya membuatnya bagus, malah menurutku bagian ini agak ... aneh.

Walau, bagian itu termasuk cukup penting.

Walau lagi, kalau diubah dengan sedikit penyesuaian, misal kayak di filmnya, bakal lebih bagus.
Karakter Sophie di buku dan di film sama okenya. Karakter Howl lebih oke di film, tapi di buku juga lumayan. Malah semua karakter baik di film dan buku tak ada yang jelek deh. Cuman kalau di film, ada karakter yang dihilangkan.

Belakangan, aku tahu Howl's Moving Castle ternyata memiliki sekuel. Reaksi pertamaku, "Whaaaaat?" Masalah di buku pertamanya sudah tuntas setuntas-tuntasnya. Masalah apalagi yang akan diangkat di sekuelnya?

Posting ini diikutkan dalam Reading Challenge::
http://feedmebook.blogspot.com/2016/02/master-post-tantangan-membaca-seveneves.html
kategori: Nomor 5 - Buku yang telah diadaptasi ke dalam film atau series


0 comments:

Posting Komentar

 

I'm part of...

Follower

Berani ikutan?

http://feedmebook.blogspot.com/2016/02/master-post-tantangan-membaca-seveneves.html