Lelaki Terindah by Andrei Aksana

Sekilas mengenai Lelaki Terindah

Rafky dan Valent. Dua lelaki yang “tak sengaja” menemukan bentuk asli cinta. Cinta yang tulus. Cinta yang tak dihiasi kepura-puraan. Cinta sejati yang sebenarnya. Padahal Rafky sedang menjalin hubungan cinta dengan Rhea, gadis cantik yang modis, dan Valent hendak menikah dengan Kinan, gadis lembut berhati besar.
 
Tapi hubungan sesama jenis adalah hubungan cinta terlarang. Mungkinkah cinta Rafky dan Valent akan bersatu? Akankah Rhea dan Kinan membiarkan kekasih yang mereka cintai meninggalkan mereka demi laki-laki lain?

Setelah aku mengunyah Lelaki Terindah

Ada pengalaman seorang teman yang ketika membeli novel ini merasa rikuh. Kasir toko buku mengulum senyum ketika teman itu menyerahkan Lelaki Terindah. Menurutku ini agak… Aneh. Apa salahnya membaca novel bergenre M/M Romance? Mungkin karena di Indonesia masih banyak yang kurang familiar dengan perbedaan dan keanekaragaman.
 
Aku sendiri bisa membaca Lelaki Terindah karena seorang sahabat berbaik hari memberiku novel itu bersama 5 cm dan Perahu Kertas. Makasih Edward (bukan nama sebenarnya, haha).
Salah satu daya tarik Lelaki Terindah adalah adanya kata-kata romantis yang bertebaran dari lembar pertama.
 
Aku kurang paham dengan keberadaan puisi romantis sebagai pengganti. Bagaimana calon pembaca bisa tahu sedikit mengenai kisah yang akan dinikmatinya? Ditambah lagi ada satu typo dalam puisi itu.
Karakter “Aku” nyaris memiliki kesamaan dengan Valent. Gimana mungkin perhatian Rafky adalah perhatian dari lelaki pertamanya? Apa mungkin si Aku tidak memiliki ayah dari kecil, sama halnya seperti Valent?
 
Lelaki Terindah menurutku juga terlalu dramatis. Maksudku, adegan menggamit tangan sesama lelaki seolah adegan yang “wow” dan bukan sesuatu yang “biasa-biasa saja.” Hal ini membuatku bertanya-tanya, apa karakter-karakter cowok di Lelaki Terindah tak punya sahabat cowok? Sahabat cowok itu mau menggamit, menarik tangan, memberi perhatian, berangkulan, adalah hal yang biasa-biasa saja.
 
Dan endingnya. Mungkin agak spoiler ya, dan memang bagusnya seperti itu, “membinasakan” salah satu karakter utama. Menegaskan beberapa hal yang berkembang di masyarakat, cinta sejati hanya bisa dipisahkan oleh kematian. Tapi entah hanya aku yang ngerasa, atau memang Andrei sengaja menyiratkannya, di bagian akhir kenapa Rafky seolah juga suka pada karakter Aku?
 
Nggak ada masalah sih sebenarnya bila Rafky ingin memulai lembaran cinta yang baru. Tapi menurutku agak nggak sinkron karena Rafky sering bilang HANYA Valent Lelaki Terindah yang dicintainya.
 
Beberapa hal yang aku kagumi dari Andrei Aksana (dalam hal ini untuk karyanya: Lelaki Terindah), penggunaan metafora pada adegan bercinta dan perbedaan antara sex dan cinta. Karenanya, aku harus menyuguhkan tiga mangkuk semur untuk Lelaki Terindah.
 
Oh iya, nyaris kelupaan, novel ini bonus CD Ost Lelaki Terindah: Hanya Engkau Satu, diciptakan dan dinyanyikan oleh penulisnya sendiri. Aku sendiri belum sempat mendengarnya. CD-nya mungkin dikemas untuk diputar pada DVD, sedangkan aku punyanya VCD, heheh.

Judul: Lelaki Terindah
Penulis: Andrei Aksana
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: Juli, 2010
Tebal: 224 halaman
Stew Score: 3 of 5 Bowls

8 comments:

  1. aku juga udah baca, ini novel hadiah dari salah satu event yang aku ikutin, aku hampir sependapat, terutama dibagian, dimana Rafky sepertinya jatuh cinta sama karakter AKU, jadi kesimpulannya setelah Valent meninggal Rafky benar-benar menjadi Gay permanent, itu agak menggangguku sebenarnya, karna aku pikir dia hampir normal dan hanya terjebak cinta dengan Valent, namun setelah Valent meninggal, aku berharap tidak ada lelaki lain lagi, itu menegaskan bahwa Rafky hanya mencintai satu lelaki yaitu Valent,

    BalasHapus
  2. gay permanen? :)))

    Mungkin dengan Rafky jatuh cinta pada Valent hal itu membuka orientasi seksual Rafky yang sebenarnya. Karena pada dasarnya, seperti yang pernah aku baca, manusia itu tercipta sebagai biseksual.

    BalasHapus
  3. Hai, Hasan.
    Eh, tapi tolong ingatkan aku. Aku agak lupa denganmu ._.

    BalasHapus
  4. gimana lagi cara dapetin novel lelaki terindah ini
    mohon bantuannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pesan di Story Eater Corner, kak. Via twitter juga bisa di @story_eater :D

      Hapus

 

I'm part of...

Follower

Hey, Jun!