Bumi [Angela Weinhold]

Bumi

Penulis: Angela Weinhold
Penerbit: Erlangga for Kids
Tebal: 7 halaman
Stew Score: 4 of 5 Bowls

Icip-icip Bumi

Terkadang adik-adik kita selalu bertanya-tanya tentang banyak hal yang terjadi di sekitar kita. Semisal…
Gunung itu terbentuk dari apa sih?
Mengapa gunung berapi suka memuntahkan lahar panas maupun dingin?
Apa yang menyebabkan gempa bumi?
Bagaimana proses terbentuknya permukaan (kerak) bumi?
Tanah itu apa sih?
Di dalam laut ada apa aja sih?
Kenapa cuaca di bumi berbeda-beda?
Hingga ke pertanyaan yang paling susah dijawab, darimana bumi berasal?
Bingung banget dong dicecar begitu banyak pertanyaan? Apalagi anak kecil itu, yang selalu penasaran pada banyak hal, akan terus mengejar hingga mereka mendapatkan jawabannya. Jangan sampai dia salah paham karena kita menjawabnya asal-asalan.
Bila kalian malas membacakan referensi dari internet, kenapa tidak memberi mereka buku referensi yang tidak hanya menawarkan untuk mengobati rasa penasaran mereka, tapi juga mengantipasi rasa bosan yang mungkin akan mendera mereka ditengah-tengah membaca? Dan itu akan kamu temukan di buku Bumi karya Angela Weinhold yang telah diterjemahkan oleh penerbit Erlangga For Kids.
Bukunya bergambar ya, Jun?
Lebih baik lagi. Selain bergambar, bukunya memiliki lipatan.
Hah? O_o

Citarasa Bumi

Sebelum menjelaskan apa itu lipatan, aku mau mengucapkan terimakasih terlebih dahulu pada @UlyssesmooreID yang memilihku menjadi pemenang kuis periode 2 yang telah mereka selenggarakan, sehingga aku bisa membaca buku yang… Emang ditujukan pada anak-anak, tapi sumpah buku Bumi ini keren banget. Dan memberiku pengalaman pertama membaca buku unik yang memiliki banyak sekali lipatan.
Apa maksud kamu dengan lipatan sih, Jun? Terus, kok buku ini tipis banget ya?
Disitulah fungsi lipatan-lipatan di dalam buku ini. Misalnya saja lipatan di halaman tentang gunung. Sebelum kita buka lipatan, buku akan menampilkan gambar gunung bagian luar. Baru setelah kita buka lipatannya… Apa yang akan kita lihat?
Yap, bagian dalam gunung. Lengkap dengan penjelasannya.
Menarik, kan? Menarik dong *dijawab sendiri :lol:
Belajar itu kadang membosankan. Bila kita bisa bosan, lalu bagaimana dengan adik-adik kita yang di usianya lebih tertarik untuk bermain? Buku ini mungkin jawabannya. Bukannya mengajak belajar sambil bermain, sebaliknya, mengajak bermain sambil belajar.
Belajar pun terasa lebih menyenangkan :D

0 comments:

Posting Komentar

 

I'm part of...

Follower

Berani ikutan?

http://feedmebook.blogspot.com/2016/02/master-post-tantangan-membaca-seveneves.html