Scene on Three [9]

Sudah lama sekali Story Eater Tales tidak berpartisipasi dalam meme yang digagas oleh kak Bzee ini. Bukan karena tidak menemukan adegan yang oke, ada cukup banyak buku yang memuat adegan oke yang enak sekali untuk dikomentarin, tapi lebih karena aku malas tidak menemukan waktu yang pas untuk menuliskannya.

Jadi, adegan dari buku apa yang hendak aku bagikan? Inilah dia...


"You're saying it's okay to kill humans?" I asked warily.

"No," he disagreed. "I am saying I can see their point. Vampaneze kill because their beliefs, not because they enjoy it. A human soldier who kills in a war is not evil, is he?"

"This isn't the same thing," I said.
- Darren Shan: Tunnels of Blood by Darren Shan, halaman 59.

Akhir-akhir ini pembunuhan menjadi topik panas yang sering dibahas. Tidak hanya di timur tengah, tapi di Indonesia juga. Dan keduanya sama-sama dilakukan dengan alasan kepercayaan. Di timur tengah alasannya ingin mendirikan negara ideal (atau, seperti kabar angin, membasmi "saudara" yang tidak satu aliran kepercayaan), sementara di Indonesia... kepercayaan terhadap, masyarakat menyebutnya, ilmu hitam.

Topik yang dibahas oleh Darren dan Mr. Crepsley di atas memang salah satu topik panas yang mungkin hingga akhir zaman tak akan menemukan titik temunya. Darren mengganggap membunuh, apapun alasannya, itu salah. Sementara Mr. Crepsley, tidak setuju dengan pembunuhan tapi menghormati alasan dibalik tindakan memisahkan roh dari raga tersebut.

Bagaimana dengan pendapat kalian? Apakah kalian setuju dengan Darren? Atau dengan Mr. Crepsley?


http://bacaanbzee.wordpress.com/

Punya adegan favorit juga? Berikut tata cara ikutan meme ini::
1. Tuliskan suatu adegan atau deskripsi pemandangan/manusia/situasi/kota dan sebagainya dari buku pilihan kalian ke dalam suatu post.
2. Jelaskan mengapa adegan atau deskripsi itu menarik, menurut versi kalian masing-masing.
3. Jangan lupa cantumkan button Scene on Three di dalam post dengan link menuju blog Bacaan B.Zee.
4. Masukkan link post kalian ke link tools yang ada di bawah post Bacaan B.Zee, sekalian saling mengunjungi sesama peserta Scene on Three.
5. Meme ini diadakan setiap tanggal yang mengandung angka tiga, sesuai dengan ketersediaan tanggal di bulan tersebut (tanggal 3, 13, 23, 30, dan 31).

4 comments:

  1. Kalau ada alasan di balik pembunuhan itu, dan kita tidak setuju dengan alasannya, berarti yg pertama kali kita perangi adalah alasannya. Mungkin begitu.
    Aku agak lupa alasan vampaneze itu apa ya, kayanya ini buku terakhir Darren yang kubaca bbrp tahun yll, belum sempat baca lanjutannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya. Alasannya adalah yang terpenting. Ketika pembunuhan itu dilakukan karena ketidaksengajaan, dan dia merasa bersalah setengah mati, apakah itu membuat pembunuhnya orang yang jahat?

      Vampaneze merasa human adalah makanan mereka. Dan sangat menyalahi kodrat bila tidak memakan "makanan" tersbut hingga habis *spoiler nggak ya ini? Kayaknya adaptasi filmnya jauh lebih spoiler :)))

      Hapus
    2. Tapi membunuh itu...
      Tuhan yang memberikan nyawa, Tuhan yang berhak mengambil nyawa itu...

      Iya filmya bener bener full of spoiler XD

      Hapus
    3. Nah, bagaimana bila Tuhan mengambil nyawa dari peristiwa "P" tersebut?

      Hapus

 

I'm part of...

Follower

Berani ikutan?

http://feedmebook.blogspot.com/2016/02/master-post-tantangan-membaca-seveneves.html