The Great Gatsby

The Great Gatsby

Penulis: F. Scott Fitzgerald
Penerbit: Serambi (Gita Cerita Utama)
Tebal: 288 halaman
Genre: Klasik, Fiksi sejarah, America Literature, romance
Stew score: Sweet

Sececap The Great Gatsby

Nick Carraway, 29 tahun, adalah seorang pendatang baru di New York, tepatnya di daerah West Egg. Mungkin karena dia berpikiran terbuka, dia dipercaya oleh orang-orang di sekitarnya untuk menyimpan rahasia.

Yang pertama adalah Daisy, sepupunya. Cantik, suka ngomong pelan dan ceplas-ceplos, namun ditaksir oleh banyak laki-laki.

Yang kedua, Tom, teman semasa kuliahnya sekaligus suami Daisy. Berbadan tegap, kaya, sikapnya angkuh dan kasar, dan punya wanita selingkuhan. Dia bahkan tidak merasa perlu menyembunyikan perselingkuhannya, bahkan pada istrinya.

Yang ketiga, Gatsby, tetangga Nick. Lelaki kharismatik yang sering mengadakan pesta yang ramai di rumah besarnya. Kekayaannya, sikap misteriusnya sering mengundang pergunjingan di kalangan masyarakat.

Selain ketiga orang itu, Nick juga kenal seorang perempuan cantik namun sinis, Jordan. Dia dan Nick berpacaran. Darinya, Nick tahu Daisy merasa sakit hati pada suaminya dan bahwa dia punya masa lalu dengan Gatsby.

Belakangan, Nick juga tahu Gatsby memendam sebuah cinta rahasia dibalik sikap cool-nya.

Siapa cinta rahasia Gatsby? Kenapa dia tidak langsung mengutarakan cintanya ketimbang memendamnya dan merasakan sakitnya yang tak terperi? (#tsah)

Citarasa The Great Gatsby

Kita awali dengan kulit luarnya. Cukup bagus. Melihatnya saja sudah terasa aroma klasiknya. Ilustrasi tiga orang yang mendominasi cover depan membuatku bertanya-tanya, Apakah salah satunya Nick? Yang pasti, dan aku yakini benar, sosok wanita yang ada di tengah bukanlah Daisy.

Awal-awal bab 1, kita akan disuguhi dengan kalimat yang pasti kalian suka. Kalimat mengenai kritikan yang bersinergi dengan kelebihan kita.

Setelahnya, kita akan disuguhi kisah Nick (latar belakangnya, masa lalunya) yang, karena The Great Gatsby merupakan kisah fiksi sejarah, diperkaya dengan banyak kejadian nyata dalam sejarah kehidupan masyarakatAmerika di tahun 1920-an. Tapi tenang aja, bagi yang alergi buku berhalaman banyak, beberapa fakta sejarahnya tidak dijelaskan panjang lebar di dalam paragraf. Tidak juga dijelaskan di footnote, tapi ditaruh di halaman-halaman terakhir buku The Great Gatsby ini.

Awal-awal batja sampai menjelang bab akhir The Great Gatsby, aku masih bertanya-tanya, mau dibawa kisah ini? Mau bagaimana Mr. Fitzgerald menutup kisahnya yang menurut The Washington Post digadang-gadang sebagai karya fiksi terbaik Amerika? Kenapa Gatsby disebut sebagai karakter legendaris dalam fiksi dunia, padahal karakternya bagiku biasa-biasa saja?

Baru ketika memasuki bab 9 yang merupakan bab terakhir, aku mengerti. Fiksi terbaik? Aku kira tidak. The Great Gatsby bagus, tapi bukan yang terbaik, menurutku. Gatsby adalah karakter legendaris dalam fiksi dunia? Ya, aku rasa itu benar.

Kepiawaian tangan dingin Mr. Fitzgerald benar-benar membuat bab 9 amat sulit dilupakan. Kejadian yang menimpa karakternya, terutama Gatsby, benar-benar bikin tak rela. Dia baik, dia punya target masa depan dan membuat perencanaannya, dia... Wow banget, nyaris mendekati sempurna, tapi masih masuk diakal. Jadi, ya, dia memang karakter yang legendaris. Susah sekali untuk melupakannya. Bahkan hingga saat ini. Saat aku menuliskan citarasanya (batja: reviewku).

Hnn, jadi nggak sabar pengen nonton filmnya.

Target Pembaca: Young adult (16 tahun +). Usia segitu pasti udah mengenal dan tahu rumitnya cinta.

P.S.
[1] Aku suka nama pengarangnya, F. Scott Fitzgerald. Bahkan sebelum aku membatja buku ini. Aku tahu namanya dari situs pertemanan penggila buku di dunia maya dan aku langsung memasukkannya ke dalam wishlistku. Agak aneh, ya?

[2] Buku ini adalah salah satu buku yang aku dapatkan setelah memenangkan giveaway di blognya kak Dessy, Ngidam Buku, yang pada tahun ini ngehost Tantangan Membaca Buku segede Gaban.

[3] Btw, bagi yang belum tahu mengenai filmnya, Gatsby ini diperankan oleh Leonardo DiCaprio dan Nick diperankan oleh Tobey McGuire.


Posting ini diikutkan dalam Reading Challenge::
< | |

0 comments:

Posting Komentar

 

I'm part of...

Follower

Berani ikutan?

http://feedmebook.blogspot.com/2016/02/master-post-tantangan-membaca-seveneves.html