Scene on Three [14]

Adegan ke-14, dari sebuah buku, yang ingin kubagikan pada dunia.
This planet has—or rather had—a problem, which was this: most of the people on it were unhappy for pretty much of the time. Many solutions were suggested for this problem, but most of these were largely concerned with the movements of small green pieces of paper, which is odd because on the whole it wasn't the small green pieces of paper that were unhappy.
The Hitch Hiker's Guide to the Galaxy by Douglas Adam - third paragraph of Prologue

Pada awalnya aku nggak ngeh dengan paragraf di atas. Aku baru paham setelah membacanya berulang-ulang, dan mengambil kesimpulan kalau maksud dari "small green pieces of paper" adalah dollar, atau bahasa populernya uang.

Menurut paragraf di atas, kebanyakan manusia itu selalu merasa tidak bahagia hampir di setiap waktu. Yang mengakibatkan ketidakbahagiaan, dan sekaligus yang menjadi solusi dari permasalahan, tersebut adalah uang. Dan ada unsur komedinya: manusia pusing dengan pergerakan uang, tapi si uang sendiri, yang dilempar-lempar ke sana-kemari tampaknya tidak memusingkan kondisinya.

Uang memang, tanpa bisa dupungkiri, sumber masalah. Tapi uang juga bisa mendatangkan kebahagiaan. Bahkan bisa juga membeli kebahagiaan--meski kebahagiaan itu berdurasi. Dengan dunia yang dipenuhi ekspektasi, tidak heran bahwa sebagian besar percaya bahwa nilai sesuatu itu penting adanya. Dan uang adalah hal paling sederhana, dan juga mungkin terumit, yang mewakilinya.

http://bacaanbzee.wordpress.com/

Punya adegan favorit juga? Berikut tata cara ikutan meme ini::
1. Tuliskan suatu adegan atau deskripsi pemandangan/manusia/situasi/kota dan sebagainya dari buku pilihan kalian ke dalam suatu post.
2. Jelaskan mengapa adegan atau deskripsi itu menarik, menurut versi kalian masing-masing.
3. Jangan lupa cantumkan button Scene on Three di dalam post dengan link menuju blog Bacaan B.Zee.
4. Masukkan link post kalian ke link tools yang ada di bawah post Bacaan B.Zee, sekalian saling mengunjungi sesama peserta Scene on Three.
5. Meme ini diadakan setiap tanggal yang mengandung angka tiga, sesuai dengan ketersediaan tanggal di bulan tersebut (tanggal 3, 13, 23, 30, dan 31).

2 comments:

  1. wah, aku agak penasaran juga sama buku ini, serial kan ya kalo ga salah

    BalasHapus
  2. Iya, bener, kak. Ini buku serial, heheh.

    BalasHapus

 

I'm part of...

Follower

Berani ikutan?

http://feedmebook.blogspot.com/2016/02/master-post-tantangan-membaca-seveneves.html