Fantastic Beasts and Where to Find Them by Newt Scamander

Sececap Fantastic Beasts and Where to Find Them

Fantastic Beasts and Where to Find Them atau di edisi bahasa Indonesianya berjudul Hewan-Hewan Fantastis dan Dimana Mereka Bisa Ditemukan adalah buku mega-bestseller karya Newt Scamander. Tidak ada satu keluarga penyihir pun yang tidak memiliki buku ini di rumah mereka.

Dan satu lagi catatan prestasi buku berjudul panjang ini, ia menjadi salah satu buku wajib bagi para siswa Hogwarts.

Kini, para muggle (kaum non-penyihir) pun juga bisa menikmati buku Fantastic Beasts and Where to Find Them. Dan tidak terbatas untuk kalangan yang memiliki sanak-saudara seorang penyihir, tapi seluruh muggle. Tapi yang untuk muggle ini tidak dicetakkan cetakan asli yang sama persis. Bukan, bukan palsu. Buku itu asli dan isinya sama dengan yang asli, hanya saja yang digunakan untuk "acuan" adalah buku Harry Potter sehingga ada beberapa tambahan seperti coretan dan keterangan tambahan yang ditorehkan oleh Harry dan sahabatnya, Ron—dan kadang Hermione.


Citarasa Fantastic Beasts and Where to Find Them

Pertama kali membatja buku ini adalah ketika aku masih duduk di kelas 3 MTs. Berkat salah satu temanku yang mengenalkanku pada dunia batja.

Saat membatja buku ini beberapa tahun lalu, aku merasa buku ini membosankan. Karena tidak memiliki cerita betulan dan berisi daftar-daftar hewan-hewan fantastis yang sebagian besar tidak aku ketahui. Tapi saat aku membatja ulang, dan kali ini merupakan bukuku sendiri (yeay!) tapi faktor ini tidak mempengaruhi penilaianku ya, aku menemukan buku ini buku bagus!

Bagusnya itu ada di awal-awal, bagian daftar-daftar hewan-hewan sih masih sama seperti dulu, bagus, coretan Harry dan Ron membantu meminimalis kebosanan, tapi tidak seistimewa bagian awalnya. Yang baru kusadari setelah membatjanya ulang.

Bagian awal itu berisi sedikit biografi Mr. Scamander. Secuil informasi pribadi mengenai dirinya, awal pekerjaannya sebelum jadi penulis buku "mega-bestseller" ini, bagaimana kemudian dia melakukan perjalanan mengumpulkan data-data hewan-hewan fantastis, hingga beberapa dokumen "sejarah" kementerian sihir ketika mendiskusikan definisi kata hewan. Apakah unicorn termasuk hewan? Apakah centaurus termasuk hewan? Apakah goblin termasuk hewan?

Secara keseluruhan, Fantastic Beasts and Where to Find Them buku yang cukup lumayan dan menghibur. Bagi yang pengen nulis novel fantasi dan melibatkan hewan-hewan fantastis buku ini mungkin bisa dijadikan referensi (secara jarang-jarang kan ada ensiklopedia hewan-hewan fantasi). Ohh, satu lagi, jangan lupa perhatikan halaman data buku, baca bagian alih bahasanya, mungkin akan muncul senyuman di bibir kalian ;)

Fantastic Beasts and Where to Find Them

Hewan-Hewan Fantastis dan Dimana Mereka Bisa Ditemukan
Penulis: Newt Scamander
Dikenalkan pada muggle oleh: J.K. Rowling
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit:
Tebal: halaman
Genre: Fantasi - Fairy Tale - Mythology
Score: Sweet! (3 of 5 stars)
Target: Teen (13 tahun ke atas)


Posting ini diikutkan dalam Reading Challenge::


https://perpuskecil.wordpress.com/2015/01/15/lucky-no-15-reading-challenge/
Kategori: Bargain All The Way


0 comments:

Posting Komentar

 

I'm part of...

Follower

Berani ikutan?

http://feedmebook.blogspot.com/2016/02/master-post-tantangan-membaca-seveneves.html