Panduan Praktis Mengurus Pajak Secara Online

Ketika mendengar kata "pajak", yang tergambarkan adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan pada pemerintah, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Kalimat pertama bab pertama

Aku pun demikian. Dan, tentu saja, ada rasa enggan untuk melakukannya. Melakukan pembayaran pajak, maksudku. Apalagi ditambah dengan birokrat atau pejabat negeri kita yang... Seperti itu. Membuatku semakin takut mempercayakan pajak di tangan mereka, yang mungkin tidak digunakan seperti fungsi pajak yang sebenarnya (yakni untuk contoh mudahnya untuk pembangunan sarana dan prasarana di negara kita).


Selama beberapa bulan terakhir, aku begitu penasaran dengan yang namanya pajak. Bagaimana cara mengurus Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), apakah bisa dibuat online, dan lain sebagainya. Aku bahkan sempat "mengganggu" kak Dini "Dinoy" Novita dengan membombardirnya dengan pertanyaan seputar pajak, hahah.


Seperti judul bukunya, Panduan Praktis Mengurus Pajak Secara Online, dan sub judulnya: Daftar, Bayar, Lapor, buku ini berisikan tutorial tahap bertahap tentang tiga hal tersebut. Dan untuk tiap hal dari tiga hal dari sub judul tersebut, dijadikan satu bab sendiri-sendiri. Sangat rapi. Dan memudahkan. Jadi, bila ada dari teman-teman yang mungkin telah tahu dari satu atau dua dari tiga hal tersebut, bisa langsung memintas ke hal yang belum diketahuinya.

Semisal, si A ini sudah tahu cara daftar NPWP secara online, tapi dia belum tahu bagaimana cara melakukan pembayaran online, menu apa saja yang mesti dipilih, dia bisa langsung lompat ke bab tiga. Dan begitu pula sebaliknya.



Yang okenya lagi, tiap tutorial disertai screenshot layar. Jadi, lebih memudahkan lagi, karena terkadang ada juga yang kebingungan menemukan di mana mesti mengklik tautan atau link, atau masih bingung apa yang mesti diisikan pada form karena gagal paham dengan bahasa yang disajikan situs.

Apakah buku ini hanya membahas tiga hal yang jadi sub-judulnya?

Sayangnya, ya. Buku ini memang khusus dibuat dengan fokus utama mengenai cara mengurus pajak. Bukan hal buruk juga, karena judulnya sendiri sudah menggambarkan secara gamblang apa isi dari keseluruhan buku. Penulisnya sendiri, Dr. Nufransa (namanya keren ya?), sudah mengatakan bahwa bahasan buku ini dibatasi pada tiga hal itu dan kata online. Tidak membahas pajak secara mendalam, jadi bagi teman-teman yang pengen belajar atau pengen tahu soal pajak lebih mendetail lagi aku saranin untuk mencari referensi lain.

Tapi meski demikian tetap ada beberapa penjelasan mengenai hal-hal yang berkaitan pajak semisal, berapa pajak yang mesti dibayar oleh wajib pajak (baik yang pribadi, pribadi yang telah menikah, maupun badan), apakah semua orang wajib bayar pajak (yang ternyata tidak), dan beberapa hal lainnya.

Secara keseluruhan, Panduan Praktis Mengurus Pajak Secara Online buku yang sangat membantu sekali. Terutama bagi mereka yang masih bingung atau belum mengerti mengenai pengurusan (daftar, bayar, lapor) pajak secara online.

Omong-omong, desain sampulnya keren. Hanya saja aku penasaran, bila huruf lain menggunakan bentuk kapitalnya, kenapa huruf "N" tidak? Tidak jelek kok. Bagiku malah kelihatan unik.

Panduan Praktis Mengurus Pajak Secara Online
Daftar, Bayar, Lapor
Penulis: Dr. Nufransa Wira Sakti, S. Kom., M. Ec
Penerbit: Visi Media
Tahun terbit:2015
Tebal: x + 214 halaman
Genre: Non Fiksi - Self helf
Score: Sweet (3 of 5 stars!)
Target: Young - Adult (16 tahun ke atas!)

Posting ini diikutkan dalam Reading Challenge::

Kategori: Support Local Author #1

https://perpuskecil.wordpress.com/2015/01/15/lucky-no-15-reading-challenge/
Kategori: Freebie Time



P.S: terima kasih untuk BBI divisi kerjasama dan penerbit Visimedia, sehingga saya bisa berkesempatan membatja buku bagus ini :D

0 comments:

Posting Komentar

 

I'm part of...

Follower

Berani ikutan?

http://feedmebook.blogspot.com/2016/02/master-post-tantangan-membaca-seveneves.html