R.A.B [3]

Sejak Maret, kesibukanku di dunia tulis-menulis mulai meningkat. Dan hal itu tidak sia-sia, dua cerpenku: "Monsterimut" (bisa dibaca di sini) dan "Apakah Pelantun Warna-Warni Ternyata Robot?" (bisa dibaca di sini) mengantarkanku menjadi pemenang dua bulan berturut-turut Cerita Bulanan yang digagas oleh Kastil Fantasi. Monsterimut jadi juara pertama, sementara Apakah Pelantun Warna-Warni Ternyata Robot? jadi juara dua.


Khusus Monsterimut, bulan lalu aku mengembangkannya menjadi novella untuk aku ikutkan lomba menulis novella yang diadakan oleh Gramediana. Pengembangan tersebut membuatku mengubah judulnya. Doakan novellaku menjadi 1 dari 3 juara utama, ya =)

Keaktifanku menulis ini berimbas pada kegiatan membacaku. Frekuensinya tidak jauh berkurang, tapi jadinya buku-buku yang meminta perhatian dan konsentrasi penuh membutuhkan waktu yang lama dalam pembacaannya. Buku-buku itu adalah Foucalt's Pendulum karya Umberto Eco dan Blaze of Glory karya Michael Pryor (kisah fantasi yang dibikin ilmiah).

Tentu hal-hal itu, ditambah keikutsertaanku dalam acara Bulan Narasi (acara menulis dalam waktu sebulan) yang diadakan Plotpoint dan Nulisbuku, mempengaruhi rencana bacaanku bulan ini.

Buku yang rencananya dibabat habis bulan ini:
1. 1984 karya George Orwell
2. The Hermes Constellation karya Hermes and Friends

Buku yang rencananya dibaca bulan lalu tapi belum sempat disentuh:
1. Ber.3.1.7.an karya Gadis, Kika, Vika
2. A Thousand Splendid Suns by Khaled Hosseini
3. The Flight of the Griffin by C.W. Gray

Untuk bukunya Umberto Eco, aku nggak yakin bakal bisa kelar bulan ini. Aku juga nggak yakin bakal mulai baca The Flight of the Griffin bulan ini.

Buku yang direncanakan untuk dibaca yang berhasil dilahap bulan lalu:
2. The Iron Daughter karya Julie Kagawa

Buku yang tidak direncanakan dibaca tapi kelar dibaca bulan lalu:
- Buku-buku karya Rick Riordan
1. PJO: The Sea of Monsters
2. PJO: The Titan's Curse
3. PJO: The Battle of the Labirynth
4. PJO: The Last Olympians
5. Remember Me? karya Sophie Kinsella

Tidak ada film yang, pertama kali aku tonton, dari adaptasi buku. Tapi aku nonton mini series Sherlock, yang mana reviewnya hanya aku posting di twitterku. Sherlock ini seru. Pada awalnya aku mengira bakal menemukan setting waktu yang sama dengan yang di novel. Ternyata tidak. Setting waktu di mini series ini menggunakan setting waktu sekarang. Di mana peralatan dan teknologi zaman sekarang ikut dimanfaatkan. Sampai tulisan ini dibuat, aku baru sampai di Season 2 Episode 2.

Dan itulah rencana awal bulanku, dan ringkasan kegiatanku di bulan lalu. Bagaimana denganmu? Buku apa yang rencananya akan kamu baca bulan ini?

2 comments:

 

I'm part of...

Follower

Berani ikutan?

http://feedmebook.blogspot.com/2016/02/master-post-tantangan-membaca-seveneves.html