Hikayat Nusantara by The Hermes and Friends

Hikayat Nusantara

Penulis: The Hermes and Friends
Penerbit: The Hermes [e-novellete ini bisa didownload di sini]
Tahun terbit: 2011
Tebal: 140 halaman
Genre: Antologi - Folklore - fairytales retelling - Fantasi - Fabel - Romance - Realistic Fiction - Fiksi Sejarah
Stew score: Almost - Sweet!
Target: teen (13 tahun ke atas!)

Sececap Hikayat Nusantara

Seorang pemuda yang sedang kasmaran dan kebingungan bertemu dengan penjaja Kartu Pos Cinta.

Timun Mas dan Raksasa Penjaga Hutan saling berkejaran, yang satu merasa takut yang lain merasa cemas.

Bidadari Jingga tahu ada pemuda tampan yang, merenggut hatinya, sedang mengintip dirinya dan saudari-saudarinya. Dia pun kemudian berinisiatif meletakkan selendangnya di tempat yang mudah bagi si pemuda untuk mencurinya.


Megat Ruhing Asmara, betapa galaunya si Anjasmara. Betapa tidak? Pemuda yang dicintainya, Damarwulan, telah membunuh dua saudaranya dan ayahnya. Dia juga menikah dengan Ratu Kencana Wungu. Tapi kenapa cintanya tak mau hilang juga?

Sangkuriang: (punya) sebuah keraguan. Dia jatuh cinta pada wanita cantik yang justru cinta mati pada seekor anjing. Wanita itu mau dipersuntingnya asal Sangkuriang melakukan sesuatu yang diinginkannya. Sesuatu yang sulit dan mustahil dilakukan. Dalam hati Sangkuriang berkata, Memang dia pikir dia siapa?!

Seorang wanita yang mensyaratkan sesuatu pada seorang yang dibencinya sebagai ganti cintanya, harus menjalani sisa kehidupannya dalam wujud batu. Padahal yang dia inginkan adalah Cinta Tanpa Syarat, apa itu salah?

Namaku Mangkutak Alam. Hobiku bermain layang-layang dan sabung ayam. Hingga sebuah lamaran dan badai datang bersamaan. Mengguncang diriku jatuh dari surga.

Kata orang, hanya cinta dan kasih sayang tulus yang mampu menghapus Sebuah Dendam. Apa benar? Coba deh tanya Bawang Merah.

Sepotong Mimpi Bawang Putih adalah dirinya tidak merasa lemah lagi. Tidak ditindas lagi. Tapi saat dia melawan dan membalas, kenapa yang terjadi justru sesuatu yang tak mengenakkan?

Sebelum berkawan dengan Lutung Kasarung, Purbasari yang diasingkan hanya berteman dengan sepi saja.

Dewi Lara Amis dan Empat Burung Emprit berpetualang mencari pasangan Dewi Lara Amis yang tiba-tiba saja hilang.

Sepulang dari mencari kayu bersama ibunya, Joko Kendil, yang punya bentuk badan seperti kendil (teko dari tanah liat yang bentuknya menggelembung di bagian bawah), melihat tiga orang putri raja. Setelah itu... Dia meminta ibunya melamarkan salah satu dari tiga putri itu untuk dinikahkan dengannya.

Tupai mendengar Lagu si Kancil didendangkan. Ada sesuatu yang maha penting dalam lagu itu yang Kancil, sahabatnya, perlu tahu.

Prabu Panggung Keraton berguru pada guru hebat. Namun, ada syarat yang mesti dipenuhi oleh sang Prabu untuk memperoleh ilmu sang guru: saat berlatih, Prabu wajib menutup matanya.

14 cerita pendek yang terinspirasi dari cerita dan dongeng rakyat Indonesia.

Citarasa Hikayat Nusantara

Kita mulai dari cerpen pertama.

Kartu Pos untuk Cinta - Faizal Reza
Cerpen ini menggunakan setting zaman sekarang. Tak seperti dugaanku yang bakal menemukan retelling, dongeng/cerita rakyat Indonesianya dikemas dalam bentuk dialog antara si pemuda dan penjual kartu pos.

Timun Mas dan Raksasa Penjaga Hutan - Alvin Agastia Zirtaf
Sungguh cerita yang mengejutkan! Merupakan cerita terbaik di kumcer ini.

Tapi aku menemukan satu kata yang tidak oke, yakni menjanggal. Kalau membaca satu kalimat di mana kata tersebut ada, harusnya kata itu adalah mengganjal.

Bidadari Jingga - Chicko Handoyo Soe
Aku kenal sekali dengan dongeng satu ini. Malahan, aku punya rencana untuk menceritakannya kembali. Jadi, aku menebak pasti ada pencurian di ending. Dan sesuai dengan kisah aslinya, memang ada pencurian, tapi... Pokoknya ending ceritanya sangat mengejutkan!

Oh iya, ada satu yg mengganjal: Apakah nama Bidadari Merah dan Jingga itu sama? Soalnya di ending seakan-akan kesannya si Jingga itu punya nama yang sama dengan si Merah.

Megat Ruhing Asmara - Suryawan Wahyu Prasetyo
Bagi penyuka kalimat-kalimat puitis, kalian mungkin akan menyukai kisah Anjasmara dan Damarwulan ini.

Bagi yang tidak familiar dengan kisah ini, perlu diketahui, Anjasmara ini cewek ya.

Sangkuriang: Sebuah Keraguan - Dwika Putra
Ini kisah... Kegalauan Sangkuriang sebelum memulai bikin danau.

Di antara semua penulis dalam kumcer ini, gaya penulisan penulis ini yang paling aku suka. Mengalir dan enak diikuti. Apakah dia nulis novel juga? Anyone?

Cinta Tanpa Syarat - Galuh Parantri Pramono
Ide ceritanya keren! Diambil dari kisah Roro Jonggrang dan diceritakan setelah dia dikutuk!

Namaku Mangkutak Alam - Siska Ayu Soraya
Jujur aku tidak familiar dengan kisah rakyat ini. Tapi setidaknya setting lokasinya memberitahuku dari mana kisah ini berasal.

Ini cerpen bakal jleb bagi, dan cocok dibaca oleh, anak manja.

Sebuah Dendam - Andi Pandu
Cerpen ini ditulis kurang lebih sama dengan formula yang digunakan penulis Cinta Tanpa Syarat. Mengambil adegan setelah dongeng/kisah rakyat berakhir.

Kisah ini merupakan kisah Bawang Merah, Bawang Putih. Diceritakan dari sudut pandang Bawang Merah. Dan dia punya dendam yang sangat mendalam, dan susah dipadamkan, dengan mantan saudari tirinya tersebut. Endingnya bisa dibilang... Cukup mengejutkanku.

Sepotong Mimpi Bawang Putih - Luckty Giyan Sukarno
Wah, aku baru tahu kak Luckty nulis juga =)
Ini juga diambil dari cerita Bawang Merah, Bawang Putih. Tapi diceritakan dari sudut Bawang Putih dan masih dalam timeline Bawang Putih masih dalam cengkeraman ibu dan saudari tirinya.

Namun, Bawang Putih di sini berbeda. Bawang Putih di sini... Punya akal sehat dan tak mau ditindas.

Tapi kenapa cerpennya banyak memuat petuah, ya? Petuah yang tersurat lagi. Kesannya jadi seolah menggurui ._.v

Lutung Kasarung - Jia Effendi
Kalau aku belum baca The Book Thief karya Markus Zusak, mungkin aku bakal butuh dua kali baca untuk terbiasa dengan gaya penceritaan kisahnya yang tak biasa.

Ceritanya oke, ditulis dengan bahasa yang keren pula, tapi... Cerpen ini lemah dalam mengaduk-aduk emosiku.

Dewi Lara Amis dan Empat Burung Emprit - Dan Sapar
Cerita terpanjang di e-novelette ini, total ada 22 halaman, yang... Err, aku skip ._.v

Cerita ini terlalu ajaib bagiku. Dengan karakter-karakter yang mengambil sikap para pesohor Indonesia yang sensasional, seperti Syahrini dengan Alhamdulillah sesuatu-nya.

Joko Kendil - Menur Widilaksmi
Di antara semua cerpen, cerpen inilah yang menyuguhkan kisah dongeng yang sebenar-benarnya. Happily Ever After x))

Komentarku saat mencapai ending cerpen ini: [1] Pantes aja si Joko Kendil pedenya kebangetan x)) [2] Entah aku terlewat atau lupa, tapi pada awalnya aku mengira ibu dalam kisah ini adalah ibu kandung.

Lagu si Kancil - Arexy Viory
Ceritanya agak datar, bagiku. Ditambah banyak typo. Typo terparah adalah saat Tupai memanggil Landak.

Fabel ini sangat oke dari sisi ide.

Prabu Panggung Keraton - Mutiara Hidayati
Cerpen ini... Endingnya bikin gemas! XD

Overall, Hikayat Nusantara cukup oke. Tentu dalam sebuah kumcer secara tidak langsung saat pembacaan kita membanding-bandingkan satu cerpen dengan cerpen yang lain. Ada cerpen yang oke, ada cerpen yang kurang oke. Dari segi cerita dan ide, aku paling suka Timun Mas dan Raksasa Penjaga Hutan. Dari segi penulisan, aku suka Sangkuriang: Sebuah Keraguan. Dari segi bahasa, semuanya oke. Tidak ada yang sulit dipahami.

Nah, bagi kalian yang bosan dengan kisah retelling dongeng dunia, atau pengen tahu kisah retelling dongeng lokal, kalian mungkin bisa mencoba membaca kumcer Hikayat Nusantara ini.

P.S.
Kumcer ini dilengkapi dengan original soundtrack berjudul "My Fantasy is You."


Posting ini diikutkan dalam Reading Challenge::
| |

0 comments:

Poskan Komentar

 

I'm part of...

Follower

Berani ikutan?

http://feedmebook.blogspot.com/2016/02/master-post-tantangan-membaca-seveneves.html