The Field Guide by Holly Black and Toni DiTerlizzi

Kalimat pertama The Field Guide
Kalau ada yang bertanya pada Jared Grace pekerjaan apa yang akan dilakukan oleh saudara laki-laki dan perempuannya saat mereka dewasa, dia bisa menjawab dengan mudah.

Sececap The Field Guide

Karena masalah ekonomi, keluarga Grace mau tidak mau mesti pindah rumah. Dan karena rumah Bibi Lucinda tidak pernah ditempati selama bertahun-tahun, atau melihat kondisinya mungkin berabad-abad, mereka bisa tinggal di sana.

Kecuali jika Bibi Lucinda, yang kini tinggal di rumah sakit jiwa, mengusir mereka.

Rumah itu mungkin tampak tua, dan tampak bagai banyak pondok yang disusun bertumpuk-tumpuk, tapi dari sanalah petualangan tiga bersaudara Grace (Jared, Simon, Mallory) dimulai.


Di rumah itu, sering terdengar suara-suara aneh di dalam dinding. Pada awalnya mereka mengira itu ulah bajing dan tak lama kemudian dia pergi. Tapi bunyi-bunyi itu terus ada. Tak tahan dengan itu Mallory, si anak tertua, mengajak kedua adik kembarnya mencari tahu sumber keributan yang disangka diakibatkan oleh bajing.

Bunyi itu mengarah ke dapur. Di salah satu sisi dindingnya. Mallory kemudian memukulkan sapu ke sumber bunyi dan betapa terkejutkan mereka ketika mendapati bahwa dinding itu tidak kosong. Ada banyak barang di sana.

Singkat cerita, Jared kemudian menemukan sebuah buku yang diberi peringatan agar jangan dibuka dan dibaca. Tapi, namanya juga anak-anak yang semakin dilarang justru semakin penasaran, Jared justru membuka buku itu.

Awalnya, Jared hanya mengira itu hanya buku unik. Gimana tidak, alih-alih berisi hal normal atau hal berbahaya, buku itu berisi soal informasi soal peri?!

Hnn, kenapa buku itu diberi embel-embel dan peringatan ya? Apa yang berbahaya dari membaca informasi soal peri?

Citarasa The Field Guide

Setelah kelar batja buku The Field Guide, buku pertama dari seri Spiderwick Chronicles, ini aku... Merasa agak sedikit kecewa. Adaptasi filmnya lebih bagus soalnya, hahah.

Adaptasi filmnya sendiri mengambil cerita dari seluruh buku (total ada 5 buku, dan buku terjemahannya sudah benar-benar langka). Dan buku pertama ini endingnya jadi awalan yang bikin tegang filmnya. Tapi karena itu pula, sebagian isi bukunya dihilangkan dari adaptasi. Seperti semisal, adegan bersama troll.

Yang, kalau boleh jujur nih, dihilangkan pun ga ada masalah, heheh.

Ceritanya sendiri biasa-biasa saja, tak ada yang istimewa, plotnya juga mudah ditebak. Tapi... Ilustrasinya benar-benar juara dan detail. Di deskripsi dikatakan, sebelah mata Jared lebam karena habis berkelahi. Dan di gambar pun, dia punya lebam itu. Menurutku, daya tarik buku ini ya di Ilustrasi bikinan Tony DiTerlizzi ini.

Secara keseluruhan The Field Guide cukup oke. Ceritanya, untuk standarku, biasa saja. Tidak sampai bikin aku sampai berteriak wow. Tapi walau begitu, bahasa dan gaya penulisannya enak dan mudah untuk dicerna, dan bikin nagih. Interaksi antar tokohnya juga terkesan alami. Tapi yang benar-benar menjadi primadona adalah ilustrasinya. Super keren! Dibanding adaptasi filmnya, di buku jauh lebih banyak makhluk ajaib yang muncul.

Judul: The Field Guide

Judul terjemahan: Panduan Lapangan
Penulis: Holly Black dan Toni DiTerlizzi
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit: 2009 (cetakan kelima)
Tebal: 136 halaman
Seri: The Spiderwick Chronicles #1
Genre: Fantasi - Adventure - Family fiction
Stew score: Sweet (3/5)
Target: Children (8 tahun ke atas!)

Posting ini diikutkan dalam Reading Challenge::
| |

2 comments:

  1. Kamu nonton dulu sebelum baca? Kayanya ngaruh ya, kalau dibalik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kak. Ngaruh banget kalau di aku, heheh.

      Hapus

 

I'm part of...

Follower

Berani ikutan?

http://feedmebook.blogspot.com/2016/02/master-post-tantangan-membaca-seveneves.html