Wishful Wednesday [92]

Rabu pertama di bulan terakhir tahun 2014. Wah... tak terasa sudah mau tahun baru nih :'D

Dan, langsung saja,  berikut adalah buku yang "beruntung" masuk dalam daftar harapanku:



Dear Kitty aka The Diary of A Young Girl by Anne Frank


sinopsis:
Sejak ditemukan di loteng tempat Anne Frank menghabiskan dua tahun terakhir usianya, buku hariannya-yang diberi nama "Kitty"-menjadi karya klasik dunia. Buku luar biasa ini menjadi peringatan akan betapa kejamnya perang sekaligus kesaksian atas betapa dahsyatnya semangat hidup manusia.

Pada 1942, saat Nazi menduduki Belanda, seorang gadis Yahudi berusia 13 tahun bernama Anne Frank beserta keluarganya meninggalkan rumah mereka di Amsterdam untuk bersembunyi. Selama dua tahun berikutnya, sampai keberadaan mereka diketahui Gestapo, mereka dan satu keluarga lain tinggal terasing di "Paviliun Rahasia" sebuah kantor. Terputus dari dunia luar, mereka mengalami kelaparan, kejemuan, tekanan tiada henti akibat hidup di dalam ruang gerak terbatas, dan ancaman ditemukan serta kematian yang selalu membayangi.

Di dalam buku hariannya yang ditulis dalam persembunyian, Anne merekam pengalamannya yang amat mengharukan dengan gamblang dan enak dibaca. Pemaparannya menyentuh perasaan, terkadang menggemaskan dan lucu, mengisahkan pengalaman hidup, keberanian dan kerentanan manusia, cita-cita dan harapan, kisah cinta dan persahabatan, serta potret seorang gadis remaja penuh semangat

Alasan aku memasukkannya dalam daftar harapan:
Beberapa hari yang lalu, aku baru lihat adaptasi film The Fault in Our Stars. Dan bila aku tidak bisa merasakan kesedihan, hanya sarkasmenya, di bukunya, maka di filmnya aku ikut terhanyut dalam kisahnya. Baik di buku maupun di film, Anne Frank ini muncul karena kedua tokoh utama mengunjungi museumnya [sekaligus bekas rumahnya] Anne Frank. Dan bila di buku tidak ada kata-kata yang diucapkan oleh Anne Frank, tapi hanya deskripsi lokasi dan percakapan antar tokohnya, di film ada kata-kata Anne yang mungkin dikutip dari buku hariannya. Dari kata-katanya ini... aku dibikin penasaran.

Aku sendiri biasanya menghindari buku sedih (walau entah bagaimana selalu saja ketemu buku sedih), makanya meski sudah tahu sejak dulu tentang buku ini, aku seringnya menghindarinya. Hingga aku menonton TFiOS, dan rasa penasaran yang tak mau dibendung hanya oleh alasan konyol membuatku ingin segera mengetahui, seperti apa sih kisah si gadis kecil yang mesti bersembunyi dari kejaran beraz NAZI ini.


Btw, teman-teman yang baru pertama batja dan dengar Wishful Wednesday, pasti bertanya-tanya, apa sih Wishful Wednesday itu? WW itu adalah meme yang di-host oleh kak Astrid, dimana para partisipan menulis harapan "buku apa yang menjadi wishlist-mu".

Lalu, gimana cara ikutan? Silakan buka kotak dibawah ini.

Cara ikutan Wishful Wednesday?:
1. Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu =)
2. Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!
3. Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
4. Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu =)

6 comments:

  1. Hehe sama, gara-gara film The Fault In Our Star, aku juga masukin buku ini dalam TBR ku.

    BalasHapus
  2. Ah iya.
    Aku dengar pemikiran-pemikirannya Anne di diary-nya ini amazing.
    Jadi pengen tau juga.
    Semoga terkabul ya :D

    BalasHapus
  3. saya blum baca dua2nya :D
    smoga segera terkabul yah...

    BalasHapus
  4. Aku lebih suka terjemahannya yang terbitan Jalasutra Jul ^^ Pernah ku review si di blog

    BalasHapus
  5. >> Diyah
    *toss* :))

    >> jvbooksreviews
    Amin. Thanks ya, dek :p

    >> kak Tantri
    Iya, terdengar amat sangat amazing :')
    Amin. Semoga kak Tantri juga segera bisa membatja buku ini juga ^^)

    >> kak Nath
    Amin, makasih kak :D

    >> Ananta
    Eh, iyakah? :O Masalahnya, terbitan Jalasutra itu susah dicari onlinenya ._.

    BalasHapus

 

I'm part of...

Follower

Berani ikutan?

http://feedmebook.blogspot.com/2016/02/master-post-tantangan-membaca-seveneves.html