Scene on Three [19]

Adegan ke-19, dari sebuah buku, yang ingin kubagikan pada dunia.


http://bacaanbzee.wordpress.com/

"Rasanya tak mungkin *beep*," kata Irene. "Tak mungkin anak yang begitu berani dan tak memikirkan dirinya sendiri seperti *beep* semalam bisa berbuat begitu buruk! *beep* seorang pahlawan! Semua orang mengatakannya begitu!"

"Apakah kau berpikir bahwa bila seseorang tiba-tiba bisa berlaku begitu berani dan baik, maka tak mungkin ia pernah berbuat jahat?" tanya Nona Grayling. "Kau keliru, Irene. Semua orang punya sifat baik dan buruk dan kita semua harus berusaha keras untuk menekan sifat buruk kita, dan berbuat hanya yang baik saja. Kita takkan pernah sempurna. Sekali-sekali kita akan berbuat baik, sekali-sekali kita akan berbuat buruk. Yang bisa kita lakukan hanyalah berusaha melenyapkan perbuatan buruk kita dengan berbuat kebaikan. *beep* memang sudah melakukan sesuatu yang mungkin bisa melenyapkan perbuatan buruknya. Tetapi itu tak berarti bahwa ia tak pernah berbuat sesuatu yang buruk."
Kelas Dua di Malory Towers karya Enid Blyton, halaman 245

Apa yang mau aku komentari? Aku rasa tidak ada. Percakapan di atas sudah sangat gamblang dalam membicarakan manusia: tidak ada manusia yang sangat baik, begitu pula sebaliknya, tak ada manusia yang jahatnya keterlaluan.

Tapi... Tunggu sebentar, setelah aku baca lagi, aku rasa ada yang cukup menarik untuk dibicarakan. Di bagian kalimat yang terakhir, yang diucapkan Nona Grayling, "... Tetapi itu tak berarti bahwa ia tak pernah berbuat sesuatu yang buruk." Kalimat tersebut menggelitikku untuk membahasnya lebih lanjut. Kalimat ini jelas tidak mengajak untuk melupakan kesalahan seseorang, kalimat itu tampaknya menganjurkan agar kita menerima bahwa seseorang, yang mungkin kita puja dan kagumi, dapat berbuat buruk. Dan ketika seseorang itu melakukannya, apakah kekaguman itu akan berkurang? Tentu saja, jawabannya, ada dua kemungkinan.

Punya adegan favorit juga? Berikut tata cara ikutan meme ini::
1. Tuliskan suatu adegan atau deskripsi pemandangan/manusia/situasi/kota dan sebagainya dari buku pilihan kalian ke dalam suatu post.
2. Jelaskan mengapa adegan atau deskripsi itu menarik, menurut versi kalian masing-masing.
3. Jangan lupa cantumkan button Scene on Three di dalam post dengan link menuju blog Bacaan B.Zee.
4. Masukkan link post kalian ke link tools yang ada di bawah post Bacaan B.Zee, sekalian saling mengunjungi sesama peserta Scene on Three.
5. Meme ini diadakan setiap tanggal yang mengandung angka tiga, sesuai dengan ketersediaan tanggal di bulan tersebut (tanggal 3, 13, 23, 30, dan 31).

4 comments:

  1. pertama2, gua penasaran *beep*-nya itu apaan hahahaha XD

    and pas ngubek2 koleksi SoT gua eh ternyata gua pernah 'menyoroti' SoT yang sama persis seperti yang di atas, ahahahaha :))

    http://books-parade4indah.blogspot.com/2014/01/scene-on-three-16-kelas-dua-di-malory.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang dah ini adegan bener-bener ajib x))

      *toss karena sama-sama memasukkan adegan ini dalam SoT x)))

      Hapus
  2. Kalo sudah kagum sih biasanya bisa memaklumi kesalahannya, kecuali yg fatal, dan itu juga standar orang beda2 sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi inget bahasan seseorang mengenai fans dan pecinta.

      Hapus

 

I'm part of...

Follower

Berani ikutan?

http://feedmebook.blogspot.com/2016/02/master-post-tantangan-membaca-seveneves.html