The Mediator: Haunted

The Mediator: Haunted

Penulis: Meg Cabot
Penerbit: HarperCollins
Tebal: 252 halaman
Seri: The Mediator #5
Genre: Supernatural (ghost) - Romance - fantasi
Stew score: Sweet!
Target: Teen (14 tahun ke atas)

Sececap Haunted

Apa yang kamu lakukan ketika mimpi burukmu menjelma jadi kenyataan?

Itulah yang terjadi pada Suze. Selama berhari-hari setelah kepergian Paul, Suze sering memimpikan cowok rupawan dan narsis tapi jahat itu. Tiba-tiba saja dia muncul di depan Suze dan mengaku telah menjadi murid baru di sekolahnya!

Sekolah itu bukan milik Suze, tentu saja. Maksudku adalah sekolah di mana Suze menuntut ilmu.

(pakai dijelaskan. Lagian apa salah ilmu sampai Suze menuntutnya?)


Paul berusaha memperbaiki kesalahannya dan menjelaskan bahwa dia tak sejahat seperti yang dikira Suze. Bahwa yang dia lakukan adalah karena dia percaya Suze bisa melakukan lebih dari sekedar mediasi.

Seperti dirinya.

Paul bisa merasakan bahwa Suze bukan hanya seorang mediator tapi, seperti dirinya, seorang shifters. Orang dengan kemampuan berpindah alam antara dunia manusia dan dunia arwah.

Hebatnya lagi, seorang shifters juga bisa melakukan transfer jiwa!

Gara-gara perihal "transfer jiwa" itu, Suze yang penasaran, melupakan sejenak apa yang dilakukan Paul terhadapnya dan Jesse di masa lalu (di buku empat, Darkest Hour). Namun di tengah-tengah proses memenuhi rasa dahaganya, tanpa disangka-sangka Suze, Paul menciumnya. Tepat di bibir. Dan Suze... Menikmatinya.

Suze membalas ciuman Paul.

Oke, Suze mengakui itu sebuah kesalahan. Tapi Jesse, hantu supertampan yang mana ditaksirnya, bukan pacarnya. Atau belum jadi pacarnya. Tapi kalau pun jadi pacarnya, Jesse kan sudah... Yah, mati. Gimana cara pacarannya kalau di mata orang lain Suze tampak seperti orang gila, ngomong sendiri, makan malam sendiri, ke bioskop sendiri?

Suze bingung. Dia tak cinta pada Paul, tapi dia juga tak bisa bersatu dengan Jesse yang... Udah metong mati 1,5 abad yang lalu.

Kira-kira apa ya maksud Suze ingin tahu soal transfer jiwa? Aku jadi penasaran.

Citarasa Haunted

Haunted membawa novel seri supernatural komedi, Mediator, ke level yang lebih tinggi karena mengenalkan dua kemampuan baru yang dimiliki Suze. Makin banyak saja kan yang dia bisa?

Udah cantik, pintar, magnet bagi cowok-cowok tampan dan populer dan berbadan oke, punya kemampuan yang wow banget pula.

Untung saja Suze itu orangnya kurang bersyukur dan sedikit egois dan suka "nendang bokong orang" jadinya sosoknya nggak perfect yang akan menjadikannya Mary Sue.

Buku Haunted ini sebenarnya oke, tapi menurutku kurang nendang karena Suze lebih banyak galaunya. Tapi buku ini penting, atau setidaknya penting, untuk memberi gambaran gimana mbak Meg Cabot bakal mengakhiri serial ini. Apakah Suze akan berakhir dengan Jesse? Ataukah nasibnya sama seperti Mia Thermopolis dari Princess Diaries, yang justru menemukan belahan jiwanya di buku-buku terakhir?

Haunted juga memberikan semacam twist yang menyuntikkan "saran" bahwa Mediator series bukan kisah cinta temporer.

Bagi yang sudah membatja keempat prekuelnya, pasti tahu dong apa panggilan Suze untuk ketiga saudara tirinya? Eaps, Sleepy, Dopey dan Doc. Di Haunted, panggilan itu menghilang! Memang Suze jarang menggunakan panggilan itu di kalimat langsung. Tapi di Haunted ini, dari halaman pertama sampai akhir panggilan itu tak ada, bahkan di dalam narasi. Seolah-olah Suze selama "hidupnya" tak pernah menggunakan sebutan itu. Sebagai gantinya, Suze memanggil mereka dengan nama asli mereka: Jake, Brad, dan David.

Mahasiswa psikologi pasti suka hal itu. Penyebutan nama dengan nama asli, maksudku.

Apa ya alasan mbak Meg melakukan itu?

Satu fakta yang tak disinggung lagi adalah... Mengenai ramalan yang mengatakan Suze hanya akan jatuh cinta satu kali seumur hidupnya.

Sekali lagi, kenapa ya mbak Meg melakukan itu? Apa dia lupa? Atau agar twist-nya makin strong?

Sudah punya tebakan bagaimana kisah ini berakhir di buku enam yang diberi judul Twilight? Aku punya banyak. Sayang tebakanku semuanya salah, hahah.


Posting ini diikutkan dalam Reading Challenge::
| |

2 comments:

  1. buat aku sih buku ini bikin penasaran gimana endingnya, semacam menyuruh kita buat 'you-must-read-mediatorseries- pokonya gaakan nyesel deh baca Twilight, tapi ya tergantung juga, menurut aku sih rame, mendebarkan at the end!

    BalasHapus

 

I'm part of...

Follower

Berani ikutan?

http://feedmebook.blogspot.com/2016/02/master-post-tantangan-membaca-seveneves.html