Jane Eyre

Komposisi:
Judul: Jane Eyre
Penulis: Charlotte Bronte
Tebal: 688 halaman
Genre: Bildungromans - Romance - Klasik

Bookologi
Kombinasi keberaniannya, kemandiriannya, kesederhanaannya, rasa penasarannya membuat sosok Jane Eyre susah untuk tidak disukai, bahkan susah untuk dilupakan, tak heran buku ini sanggup bertahan selama berabad-abad!

Indikasi
Memberi angin segar bagi pembaca yang bosan dengan karakter wanita protagonis yang berparas cantik dan menawan dan selalu pasrah ditindas karakter antagonis.


Dosis
Dewasa: Tidak masalah dibatja kapan saja.
Anak-anak: Pastikan usianya diatas 14 tahun ke atas sebelum "mengkonsumsi" buku ini. Tapi boleh juga "dikonsumsi" anak-anak di bawah umur 14 tahun, asal dibatjakan/ditemani oleh orang tua. Keberanian, kemandirian dan sifat positif lain Jane Eyre bisa jadi inspirasi bagi anak-anak muda.

Kontra indikasi
Jangan membatja Jane Eyre bila:
a. Kalian mau berkubang dalam lumpur penyesalan karena melewatkan salah satu karya terbaik dunia yang (sering masuk) dalam (banyak) daftar 1001 buku yang mesti dibatja sebelum anda tutup usia
b. Kalian lebih suka karakter wanita yang lembut, yang diam saja dan memasrahkan semuanya pada Yang Maha Kuasa atau tipikal karakter wanita di sinetron-sinetron
c. Kalian sedang dalam kondisi galau memikirkan pasangan, kekasih, mantan atau gebetan
d. Kalian tidak suka dengan kisah cinta di mana kedua tokoh utamanya usia terpaut puluhan tahun
e. Kalian tidak ingin terciprat atau terinspirasi atau terilhami sedikit sifat-sifat memukau Jane Eyre

Efek samping
a. Gangguan tidur atau insomnia. Banyak yang menduga, Jane Eyre mengandung kafein sebab terkadang sosoknya bikin pembacanya kesulitan menjauhkan matanya dari lembaran-lembaran halamannya.
b. Lupa waktu. Penyebabnya sama dengan gangguan tidur, tidak bisa berhenti melahapnya
c. Menunda-nunda membatjanya. Banyak pembatja mengaku, penundaan itu dikarenakan Jane Eyre sejak muncul bab 1 memukau mereka, mereka takut dikecewakan. Tapi tak sedikit juga yang berkilah, batjaan bagus jangan cepat-cepat dilahap habis.

Peringatan dan Perhatian
- Jane Eyre adalah salah satu kisah fiksi yang pantas mendapatkan rating 5 dari 5 bintang (dariku)
- Hati-hati ketika membatja Jane Eyre lewat tengah malam, sebab terkadang suasana misterius di rumah Mr. Rochester, majikannya, digambarkan terlalu mencekam seolah-olah rumah itu berhantu
- Kalau perlu download ebook gratisnya di goodreads atau di situs mana saja yang menyediakan versi yang berbahasa inggris, guna mengantipasi kejengkelan atau kekesalan yang dipicu oleh beberapa nama tempat dan tahun kejadian yang disamarkan atau dihapus.
- Siapkan obat asma atau tabung oksigen untuk jaga-jaga seandainya kalian sesak napas yang disebabkan oleh tiap kalimat yang tercetak di dalam "autobiografi" Jane Eyre yang diketahui sangat breathtaking

Kemasan
Desain dan ilustrasi dibuat oleh Ratu Lakhsmita indira
Simpan di tempat sejuk. Jauhkan dari kompor dan benda-benda yang membuatnya basah.

Dicetak dan dipasarkan oleh:
Gramedia Pustaka Utama

PERHATIAN!
Awas ketagihan!
Bila gejala berlanjut, jangan hubungi dokter

Posting ini diikutkan dalam Reading Challenge::
| | | Hotter Potter

4 comments:

  1. Hahaha bisa aja nih reviewnya. Toss, aku juga ngasih Jane Eyre 5 bintang & buku ini salah satu buku favoritku sepanjang masa. ;)

    BalasHapus
  2. Emang bagus buku ini, kak. Suka banget sama karakter Jane Eyre :D

    BalasHapus
  3. review yang menarik :D gua mupeng ma buku ini tapi lagi nunggu yang diskonan XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah sering masuk diskonan ini, kak Indah x)) Tapi ya gitu, udah agak susah nyarinya :))

      Hapus

 

I'm part of...

Follower

Berani ikutan?

http://feedmebook.blogspot.com/2016/02/master-post-tantangan-membaca-seveneves.html