The Carnivorous Carnival by Lemony Snicket

The Carnivorous Carnival

Penulis: Lemony Snicket
Penerbit: Harpercollins
Tebal: 304 halaman
Seri: A Series of Unfortunate Events #9
Genre: adventure - misteri - fantasi -science fiction
Stew score: Almost - Yummy!
Target: Teen (12 tahun ke atas)

Sececap The Carnivorous Carnival

Penulisnya menamai seriesnya Unfortunate Events. Dan itu memang benar, sebab Violet, Klaus dan Sunny Baudelaire selalu dilanda ketidakberuntungan. Terus-terusan bertemu dengan Count Olaf meski mereka, dan orang dewasa yang seharusnya melindungi mereka, berdoa, berharap, menghindari bertemu dengan laki-laki yang hendak merebut harta warisan mereka.

Count Olaf selalu datang dalam samaran yang berbeda-beda dan selalu berhasil menipu, kecuali Hector ketika anak-anak Baudelaire tinggal di town of V.F.D., para pelindung atau wali dan bankir yang mengurusi warisan mereka.

Namun, bagaimana anak-anak Baudelaire di mata Count Olaf?


Mereka adalah anak-anak yang beruntung. Terbukti dengan berulang kalinya mereka berhasil lolos dari jeratan, jebakan, garukan (emang gatal?) Count Olaf.

Situasinya mereka tak berbeda dengan sebelumnya. Tak ada lagi wali. Mereka berada di antah-berantah. Satu-satunya penolong tak menjawab jeritan minta tolong. Si sulung pun membuat keputusan yang mengejutkan bagi kedua adiknya—dan mungkin juga dirinya sendiri: mengikuti sang penjahat.

Ya, Violet mengajak kedua adiknya menyelinap ke dalam mobil Count Olaf! Tanpa tahu ke mana tujuan laki-laki beralis satu dan mempunyai tato mata di kaki kirinya itu.

Count Olaf membawa kekasih dan anak buahnya, juga Baudelaires, ke Caligari Carnival. Sebuah sirkus yang dipimpin oleh Madame Lulu.

Apa yang hendak dilakukan Count Olaf di Caligari Carnival? Hal "ajaib" apalagi yang akan menimpa Baudelaire bersaudara?

Yang pasti, Baudelaires agak tak percaya dengan apa yang bisa mereka lakukan kini. Terus-terusan dibuntuti penjahat membuat mereka mendapatkan keahlian baru.

Citarasa The Carnivorous Carnival

Masih ingat dengan pertanyaanku tempo hari, mengenai cara Count Olaf mengetahui di mana keberadaan Baudelaires sehingga bisa dia buntuti? Caranya cukup mengejutkanku, meski semakin ke belakang semakin...

Itu semua berkat Madame Lulu. Dia adalah seorang peramal. Sudah bisa menebak darimana dia mendapatkan "pengetahuan" lokasi-lokasi yang dituju oleh Baudelaires? Memang sulit dipercaya, tapi Madame Lulu-lah yang selalu memberitahukan lokasi-lokasi tersebut. Dan apakah ramalan selama ini salah? Pernahkan Count Olaf absen dari mengejar Baudelaires?

Kalau biasanya yang menyamar adalah Count Olaf dan kroninya. Maka di The Carnivorous Carnival ini ganti Baudelaires yang menyamar untuk digunakan melamar pekerjaan di Caligari Carnival. Keahlian baru mereka.

Bagaimana dengan V.F.D. apakah singkatan itu menunjukkan batang hidungnya (eh, punya hidung nggak ya?) lagi? Tentu saja. Dan yang cukup mengejutkan lagi, singkatan V.F.D. melompat dari mulut Madame Lulu!

Sebenarnya siapa sih Madame Lulu? Ataukah dia bagian dari V.F.D. atau dia punya mata batin yang sangat kuat sehingga tahu apa saja yang ada di dunia?

Meski Lulu punya kans penting di buku ini, keberadaannya juga merupakan kelemahan bukunya. Kalian harus membacanya sendiri untuk tahu di mana letaknya.

Gimana dengan ending? Untuk endingnya... Lebih mengejutkan lagi ketimbang The Hostile Hospital! Aku tak akan menceritakannya sekarang, tapi, seperti biasa, membeberkannya di review selanjutnya, heheh.

Overall, The Carnivorous Carnival memberikan sesuatu yang berbeda. Memberi kesempatan bagi pembaca mengenal lebih dekat sosok Count Olaf. Endingnya yang berujung perpecahan. Dan keberadaan orang-orang berkemampuan unik (tokoh-tokoh baru) membuatnya jauh lebih dalam dan bermakna.

Posting ini diikutkan dalam Reading Challenge::
| |

0 comments:

Posting Komentar

 

I'm part of...

Follower

Berani ikutan?

http://feedmebook.blogspot.com/2016/02/master-post-tantangan-membaca-seveneves.html