The Hostile Hospital by Lemony Snicket

The Hostile Hospital

Penulis: Lemony Snicket
Penerbit: Harpercollins
Tebal: 272 halaman
Seri: A Series of Unfortunate Events #8
Genre: misteri - fantasi - adventure - science fiction - komedi
Stew score: Yummy!
Target: Teen (13 tahun ke atas)

Sececap The Hostile Hospital

Baudelaire bersaudara (Violet, Klaus, Sunny) sedang benar-benar butuh bantuan. Mereka lapar, haus dan butuh istirahat. Tapi yang jadi masalah adalah apakah ada orang yang akan membantu mereka? Apakah ada orang yang akan percaya cerita mereka, yang bakal terdengar ajaib, alih-alih surat kabar yang memberitakan bahwa mereka adalah pembunuh?

Satu-satunya harapan mereka adalah Mr. Poe.

Untunglah mereka menemukan semacam minimarket—satu-satunya toko sepanjang mata memandang sebenarnya. Dan lebih untungnya lagi, pemiliknya belum membaca surat kabar jadi dia dengan senang hati menolong Violet, Klaus dan Sunny. Memberi mereka makan, mengijinkan mereka menggunakan telegram secara gratis.

Hanya saja, seperti biasa, keberuntungan mereka tak bertahan lama. Teman pemilik minimarket itu datang dan membawakan surat kabar yang mana Baudelaires menjadi headline! Akankah Baudelaires akan tertangkap dan dijebloskan ke penjara?

Namun, dewi fortuna belum benar-benar meninggalkan ketiga anak-anak itu. Mereka menemukan mobil berisi banyak orang yang menyebut diri mereka sebagai Volunteers Fighting Disease. Kesalahpahaman yang terjadi membuat mereka mendapat tumpangan gratis, sekaligus kendaraan untuk meloloskan diri, menuju Heimlich Hospital. Tempat Volunteers Fighting Disease melakukan kegiataan amal mereka.

Apa, ada yang yang terkesan familiar? Yang mana? Ah ya, Volunteers Fighting Disease. Kalau disingkat jadi V.F.D.. Tapi apakah kali ini V.F.D., yang mereka tak sengaja temukan, memang V.F.D. yang sedang mereka cari: V.F.D. yang bisa mengalahkan, musuh nomor satu mereka, Count Olaf? Apalagi Jacques Snicket sempat bilang dia anggota V.F.D. dan "V"-nya kepanjangan dari volunteers.

Karena kali ini tak ada Mr. Poe, dan mengingat insiden terakhir kali di Village of Fowl Devotees (yakni Baudelaires dituduh sebagai pelaku pembunuhan), maka tak ada lagi wali bagi mereka. Baudelaires kini harus bergantung pada diri mereka sendiri.

Tapi kalau begitu, ada kemungkinan Count Olaf kehilangan jejak mereka dong?

Bisa jadi pada awalnya Count Olaf memang tak tahu keberadaan mereka. Tapi kenapa secara kebetulan dia ada di Heimlich Hospital tepat di saat Baudelaires ada di sana?

Jawabannya: ada sesuatu atau benda yang sangat penting di Heimlich Hospital yang sedang dia cari.

Apa sebenarnya yang dicari Count Olaf? Akankah kali ini V.F.D. yang ditemukan anak-anak merupakan V.F.D. yang benar?

Citarasa The Hostile Hospital

The Hostile Hospital membawa Series of Unfortunate Events ke level selanjutnya. Dimana pakemnya yang lama tidak lagi digunakan. Anak-anak Baudelaire hanya bisa mengandalkan diri mereka sendiri untuk melepaskan diri dari cengkeraman Count Olaf dan anak buahnya.

Sebenarnya, aku pengen cerita banyak, tapi takut tanpa sengaja menyajikan sop iler. Misteri V.F.D. masih belum terpecahkan, tapi kedatangan anak-anak di rumah sakit yang unik itu, dimana pimpinan rumah sakit itu menggunakan speaker seperti Charlie di Charlie's Angel untuk berinteraksi, tidaklah sia-sia. Sebab, maksud hati mencari tahu soal Jacques Snicket, mereka malah secara tak sengaja menemukan barang yang dicari oleh Count Olaf!

Sayangnya, meski baru membongkar beberapa misteri (dan mendapat misteri yang baru), Violet tertangkap oleh Esme Squalor, kekasih Count Olaf!

Count Olaf telah merombak rencananya untuk menguasai harta warisan Baudelaires dengan hanya membiarkan salah satu Baudelaires hidup. Jadi, kalian bisa menebak tertangkapnya Violet berujung pada apa.

Tanpa Violet yang seorang inventor, bagaimana Klaus dan Sunny menyelamatkan kakak mereka? Tanpa bantuan satu orang dewasa pun! Dan dikelilingi oleh orang-orang yang, kalau melihat wajah mereka, akan melaporkan mereka pada polisi!

Dan endingnya. Endingnya masih sama mengejutkannya dengan ending The Vile Village. Lebih mengejutkan ding. Soalnya bahkan Klaus dan Sunny pun juga terkejut.

Sejauh ini The Hostile Hospital adalah favoritku dalam Series of Unfortunate Events ini.

Posting ini diikutkan dalam Reading Challenge::
| |

0 comments:

Posting Komentar

 

I'm part of...

Follower

Berani ikutan?

http://feedmebook.blogspot.com/2016/02/master-post-tantangan-membaca-seveneves.html