Friday’s Recommendation [5]

Hari ini hari Jumat minggu ke-4. Itu artinya, saatnya merekomendasikan buku bagus pada khalayak yang haus akan bacaan yang bagus!

Buku apa yang akan aku rekomendasikan di hari Jumat yang berbahagia ini? Penasaran? Penasaran? Kalau tidak... ya sudah. Kalian yang rugi :-P

Room karya Emma Donoghue


Genre: Realistic Fiction – Crime

Sinopsis:
Alur buku ini.... cukup sederhana. Mengambil sudut pandang Jack yang masih berumur 5 tahun dan selama 5 tahun terakhir terkurung di sebuah ruangan di bawah tanah (pada awalnya, Jack tidak tahu dia berada di ruang bawah tanah). Manusia yang dikenalnya (atau dianggap nyata olehnya) hanya dua: Ibunya dan Old Nick, seseorang yang menculik ibunya dan mengurung mereka di dalam ruangan (fakta ini tentu saja baru dimengerti oleh Jack setelah dia keluar dari ruangan). Sementara yang lain, termasuk barang-barang, dianggapnya hanya fantasi—makhluk-makhluk yang hanya ada di TV.

Di dalam ruangan hidup mereka sederhana. Hingga ibunya mengusulkan cara untuk melarikan diri. Mereka berhasil keluar. Tapi itu baru setengah dari isi bukunya, sebab masalah sebenarnya datang menghantam saat mereka keluar ruangan. Jack yang menganggap semua hal yang tak ada di ruangan hanyalah makhluk-makhluk khayalan yang muncul di TV, mesti beradaptasi dan menerima fakta baru bahwa mereka nyata dan ada banyak. Yang kemudian membuatnya ingin kembali ke ruangan.

Kenapa buku ini mesti diterjemahin? Sebab buku ini ... sederhana tapi bermakna dalam. Membuat perbandingan antara hidup di sini dan di sana. Ketika sudah nyaman dengan suatu tempat dan mesti beradaptasi dengan tempat baru. Ketika menyadarri bahwa sesuatu yang awalnya dianggap indah ternyata tak seindah seperti yang diharapkan.

Dan seandainya harapanku ini terkabul, aku harap penerjemahnya seperti penerjemah buku The Curious Incident of the Dog in the Night-Time. Yang niat sekali menerjemahkan buku, susah payah mencari padanan kata agar pakem yang menjadi latar setting di novel bisa tetap terasa esensinya meski telah disesuaikan dengan pakem Indonesia.


Punya rekomendasi buku bagus juga? Jangan ditahan, ntar malah jadi penyakit loh bagikan pada dunia lewat tulisan di blog kalian. Supaya makin banyak orang tahu. Dan siapa tahu ada penerjemah, atau orang-orang penerbitan, yang nyasar ke blogmu dan lalu... Kalian tahu apa lanjutan kalimatku ;)

Tertarik buat ikutan memeriahkan meme ini? Berikut tata caranya::
1. Tulis buku yang ingin kamu rekomendasikan. Kategori buku yang akan direkomendasikan bisa memilih dari kategori di bawah ini :
a. Buku yang ingin diterjemahkan di Indonesia
b. Buku yang sudah terbit di Indonesia, dan ingin kamu rekomendasikan ke pembaca.
Jangan lupa menulis alasan kamu merekomendasikan buku itu ya
2. Jika kamu sudah pernah me-review buku yang ingin kamu rekomendasikan itu, taut balikkan ke link reviewmu ya
3. Pasang button Friday's Recommendation, jangan lupa di taut balikkan ke blog Ren's Little Corner
4. Masukkan link Friday's Recommendation ke linky yang telah disediakan.
5. Jangan lupa untuk blogwalking ke blog - blog lain :)
6. Waktu meme adalah bi-weekly. Diposting setiap hari Jum'at minggu ke-2 dan ke-4 tiap bulan

0 comments:

Posting Komentar

 

I'm part of...

Follower

Berani ikutan?

http://feedmebook.blogspot.com/2016/02/master-post-tantangan-membaca-seveneves.html