Sayembara Melawan Buku Bantal

Tahun 2013 kemarin banyak sekali sayembara atau tantangan atau kontes atau turnamen buku yang diadakan. Dari yang mengkhususkan diri, seperti mengkhususkan pesertanya untuk membaca buku anak, partisipan hanya diperbolehkan membaca buku-buku fantasi atau romance saja, hingga yang unik seperti "Read Big: Are You Strong Enough to Read Big?" yang merupakan Sayembara Melawan Buku Bantal.

Sejak pendaftaran dibuka, banyak sekali kutu buku, kucing buku, atau hewan-hewan buku lainnya meminta dirinya dihitung (count me in, red)


Kami ralat. Maksud kami, banyak pecinta buku mendaftarkan dirinya sebagai penantang buku-buku tebal (buku dengan jumlah halaman lebih dari 500 halaman, red). Salah satunya adalah Jun, pemuda tampan dari Ryanutopia.

"Aku suka tantangan. Lagipula kebetulan aku ingin menaklukkan sekali lagi buku-buku bantal dari serial Harry Potter," kata Jun yang terdaftar dengan nama FJ dalam Sayembara yang digagas oleh Ngidam Buku itu.

Dalam Sayembara tersebut, ada beberapa tingkatan yang bisa diambil peserta: kelas bulu, kelas menengah dan kelas berat. Tergantung berapa jumlah buku bantal yang berhasil dikalahkan oleh para peserta. Sejauh ini memang belum ada laporan adanya buku yang tersakiti, tapi tidak ada yang bisa menjamin adanya tindakan penganiayaan yang lain. Seperti Jun misalnya, yang mengaku telah melakukan kesalahan fatal pada salah satu buku bantal.

"Itu tidak benar. Jun tidak melakukan sesuatu yang salah. Bajuku yang terlipat dan meninggalkan bekas garis putih sepanjang lipatan itu bukan karena kesalahannya," bela buku tebal yang diakui Jun sebagai buku yang disakitinya. Sayang sekali dia tidak mau judul dan nama penulisnya ditulis.

"Aku meninggalkanmu di keramaian. Seharusnya aku tidak meninggalkanmu di sana sendirian selama pertarungan kita," bantah Jun yang bersikeras bahwa apa yang menimpa salah satu buku bantal adalah kesalahannya.

Tapi sang buku bantal tetap bersikukuh tak memberinya maaf. "Maaf untuk apa? Jun tidak bersalah apa-apa."

Terlepas dari masalah tersebut, mungkin ada di antara kalian yang penasaran buku-buku apa saja yang telah berhasil ditundukkan oleh Jun. Berikut ini daftarnya: (angka di dalam kurung merupakan jumlah halaman, red)

1. Eon (596)
2. Harry Potter #3 (544)
3. Les Miserables (616)
4. Harry Potter #4 (896)
5. Harry Potter #5 (1200)
6. Jane Eyre (688)
7. Harry Potter #6 (816)
8. Harry Potter #7 (1007 [edisi GPU] dan 608 [edisi Bloomsbury])
9. The Help (548)
10. Eona (672)
13. 1Q84 jilid 1 (522) - Lupa belum disetor

Dari daftar di atas, dua buku, yakni Harry Potter #5 dan #7 masuk dalam kategori khusus, yakni Incredible Bulk.

Ada desas-desus yang mengatakan, karena dia sangat menyesal, seandainya sayembara ini (Sayembara Melawan Buku Bantal, red) diadakan lagi tahun ini, dia tidak akan ikut menyemarakkannya.

Apakah itu benar, Jun?

"Ya, tapi aku tidak jadi melakukannya," kata Jun.

Kenapa?

"Buku bantal yang kusakiti. Ia tidak akan pernah memaafkanku bila aku tidak ikut berpartisipasi. Keikutsertaanku, seandainya memang akan diadakan lagi, mungkin akan membuat hatinya luluh dan mau memaafkanku," pungkasnya.

Oke deh, jun, semoga kamu segera mendapatkan cinta sejatimu.

Kami ralat: Oke deh, Jun, semoga kamu segera mendapatkan kata maafmu. (fr/rn)

0 comments:

Posting Komentar

 

I'm part of...

Follower

Berani ikutan?

http://feedmebook.blogspot.com/2016/02/master-post-tantangan-membaca-seveneves.html