The Seeing Stone by Holly Black and Tony DiTerlizzi

Kalimat pertama The Seeing Stone
Bus terakhir menurunkan Jared Grace di ujung jalan rumahnya.

Sececap The Seeing Stone

Simon Grace, saudara kembar Jared, punya peliharaan baru. Seekor kucing yang diberi nama Tibbs. Tapi kucing itu tiba-tiba menghilang. Simon sudah mencarinya kemana-mana tapi tidak ketemu.

Dalam usahanya mencari Tibbs, Simon dikejutkan dengan kedatangan sesuatu yang tak kasat mata. Sesuatu yang tak kasat mata berjumlah banyak dan ingin menangkapnya. Sesuatu yang bila dilihat melalui The Seeing Stone atau Batu Penglihatan akan menunjukkan bahwa sesuatu itu adalah para goblin!


Seperti yang diramalkan Thimbletack, cepat atau lambat, dengan munculnya kembali Panduan Lapangan ke dunia, masalah akan datang.

Bersama-sama, Jared dan Mallory, berusaha mencari Simon dan membebaskannya. Tapi yang mereka temukan ternyata jauh dari yang mereka pikir dan harapkan.

Citarasa The Seeing Stone

Ada satu makhluk yang muncul di buku ini tapi tidak di adaptasinya: troll.

Penjabaran troll di sini tidak seperti di Stolen Songbird yang angkuh dan tampan, tentu saja. Juga tidak seperti di Frozen yang imut dan menggemaskan. Tapi seperti troll pada umumnya, jelek dan jahat dan tinggal di sekitar jembatan. Troll di The Seeing Stone atau di Spiderwick Chronicles ini bentuknya mirip seperti gabungan pohon dan batu yang ditumbuhi lumut dan jamur.

Ini kenapa aku membahas troll, ya?

Jawabannya mudah: karena troll punya peran penting di sini.

Bila dia punya peran penting, kenapa di adaptasi filmnya dia tidak ada?

Hnn, kalau menurutku, itu karena troll hanya punya peran minor. Peran besar di buku dua, tapi terus udah, nggak muncul lagi di buku selanjutnya, atau muncul lagi hanya sebagai "pemanis" plot saja. Jadi, kalau dihilangkan pun tak ada masalah. Yang tentu saja, bikin sreenplay writernya membuat alternatif cerita.

Ini kenapa jadi berspekulasi yak? XP

Secara keseluruhan, The Seeing Stone buku yang lumayan. Ceritanya oke, bahasa oke, to the point aka tak bertele-tele. Khusus endingnya, The Seeing Stone menyinggung soal musuh utama anak-anak Grace yang namanya nanti akan menjadi judul di buku lima. Ilustrasi buatan Tony masih tetap juara!

The Seeing Stone

Batu Penglihatan
Penulis: Holly Black dan Tony DiTerlizzi
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit: 2009 (cetakan keempat)
Tebal: 136 halaman
Seri: The Spiderwick Chronicles #2
Genre: Fantasi - Adventure - Family fiction
Stew score: Sweet (3/5)
Target: Children (8 tahun ke atas!)


Posting ini diikutkan dalam Reading Challenge::

0 comments:

Poskan Komentar

 

I'm part of...

Follower

Berani ikutan?

http://feedmebook.blogspot.com/2016/02/master-post-tantangan-membaca-seveneves.html