Liebster Blog Award

Saat namaku disebut sebagai penerima award, reaksi pertamaku: tidak hanya bengong tapi juga terheran-heran. Seingatku, aku belum main film, kok sudah mau menerima Academy Award aj—

Nggak ada yang mau kasih kamu Academy Award juga kali (-_-") Harap dibaca dengan benar award apa yang kamu terima.

Oh iya, ternyata bukan Academy Award. Tapi Liebster Blog Award. Kok bisa "keselip"-nya jauh banget ya? ._.

Apa itu Liebster Blog Award? Apakah masih ada hubungan sodara dengan lobster? Dan ternyata mereka memang...
tidak memiliki hubungan apa-apa. Liebster blog award adalah sebuah event yang... sederhananya saling melempar dan menjawab 10 pertanyaan pada dan dari blogger (yang hobi baca) kemudian berbagi... well, 10 fakta mengenai diri kita.


Berikut 10 pertanyaan yang aku dapatkan:
1. Apa faktor utama yang membuat kamu ingin membeli sebuah buku?
- Takdir. Kalau tidak ditakdirkan membeli buku itu... ya berdoa dan menunggu hingga ditakdirkan membeli buku tersebut :)))

Eh, bukan itu ya maksudnya? Masa sih mesti aku perjelas? Julukanku saja story eater, jadi sudah jelas kisahnya yang paling utama =D Meski kadang beli buku gegara cover yang apik atau kadang terpengaruh review seseorang yang ciamik.

2. Apa kamu punya budget tertentu untuk belanja buku?
- Sementara ini masih belum. Mohon doanya semoga segera bisa ngumpulin budget tertentu ya :'D

3. Apa judul buku yang pertama kali bikin kamu susah lupa?
- Harry Potter and the Goblet of Fire. Mungkin karena merupakan novel pertama yang aku baca (sampai kelar) dan yang merupakan gerbang awal yang membawaku ke dunia kucing buku (aku tidak suka kutu, btw, hahah).

4. Siapa tokoh dalam sebuah buku yang menurut kamu, sangat mirip dengan kamu?
- Peeta Mellark. Nggak percaya? Sama, saya juga #eh Menurutku sih nggak ada yang benar-benar mirip. Tapi kalau penasaran banget seperti apa sifat diriku, aku ini gabungan dari Amelia Mignonette Thermopolis Grimaldi Renaldo (atau cukup panggil Mia saja) dari seri Princess Diaries-nya Meg Cabot, Bajja dari [un] Affair karya Yudhi Herwibowo, Beauty dari Cookie-nya Jacqueline Wilson, will grayson (huruf kecil) dari Will Grayson, will grayson (John Green dan David Levithan), dan A dan Mark dari Six Earlier Days-nya David Levithan.

5. Kapan waktu yang paling tepat untuk membaca buku?
- Di waktu senggang, tentu saja. Masa iya pas jam kuliah? Bisa kena semprot dosen ntar :))

6. Apa alasan kamu pengen bikin blog buku?
- Terpaksa. Terpaksa membuat blog buku karena kesan-kesan dan uneg-uneg tentang buku yang habis kelar dibaca menjerit-jerit serta merintih-rintih (?) minta dituangkan, kalau tidak mereka mengancam akan memecahkan kepalaku (T^T) *le to the bay ba to the nget, tapi (bila kalian mau menyederhanakan kalimat tersebut maka ya) apa yang tertulis di atas memang benar xD*

7. Apa faktor yang bikin kamu sebel banget sama buku yang kamu baca?
- Kisahnya. Kalau kadar sinetronnya berlebihan sekali.

Kayak kamu nggak berlebihan aja, Jun? (-_-")

Katakan apa maksudmu! :OO

Nah, itu. Emang itu bukan berlebihan? Belum lagi suka banget tebar curhat dimana-mana... Hadeuh (-_-")

Sesuatu yang terus-terusan dipendam kan bikin sakit :(( *please, jangan sebut ini pembenaran*

8. Kasih tau dong, alasan kamu pake judul blog kamu sekarang :D
- Story Eater Tales? Karena aku suka banget (buku) cerita, dan karena aku tak bisa hidup tanpa makan (iyalah!), dan karena aku suka banget dongeng (fairy tales) xD

Becanda mulu ini orang. Bisa serius kagak sih?! (-,-)

Emang tahu darimana kalau jawabanku di atas itu tidak serius? :O Hanya karena aku tertawa bukan berarti aku tidak serius! Tapi... Yah, sebenarnya kamu sedikit benar, heheh. Nama Story Eater itu sendiri terinspirasi dari kata Death Eater. Death Eater kan mereka-mereka yang fanatik pada Om Voldie. Nah, berhubung aku punya kefanatikan tersendiri pada buku, dari situlah kemudian muncul istilah itu di benakku. Tales, seperti aku bilang di kalimatku tadi, aku comot dari fairy tales.

9. Berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk review sebuah buku?
- Tergantung. Kalau sedang malas atau sedang disibukkan oleh kegiatan lain, bisa berhari-hari setelah membaca buku. Bahkan ada pula buku yang hingga kini belum aku review.

10. Pernah ketemu pengarang idola kamu? Ceritain dong, kalau udah.. Kalau belum, pengen tanya apa aja?
- Belum. Hnn, tanya apa ya? Mungkin pertanyaan standar seperti: "Apakah sejak kecil sudah bercita-cita jadi penulis?" atau "Apa tujuanmu menulis? Menghibur atau menyuarakan kebenaran atau mencoba membuat perubahan lewat tulisan?" atau "Boleh minta tanda tangan dan foto bersama tidak?" =)

Keunikan dari Liebster blog award adalah setelah kita menjawab ke-10 pertanyaan yang diajukan, oh iya 10 pertanyaan di atas itu bikinan kak Zelie (yang tahun lalu sempat aku wawancara di sini), kita diharuskan membuat 10 pertanyaan untuk dihadiahkan pada 10 blogger (penyuka buku) lainnya.

Berikut 10 pertanyaan tersebut:
1. Apa buku pertama yang bikin kalian jatuh cinta dengan dunia membaca?

2. Apa motivasi atau apa yang kalian cari ketika membaca buku?

3. Genre buku apa yang tidak kalian sukai? Kenapa?

4. Adakah ritual khusus sebelum membaca buku?

5. Bagaimana nasib buku yang tidak kalian suka, apakah kalian akan menjualnya atau memberikannya pada orang terdekat, menyumbangkannya, atau tetap menyimpannya sebagai salah satu koleksi?

6. Apa reaksi kalian sesaat setelah menutup buku yang bagus? (Contoh: melemparnya)

7. Menurut kalian, buku yang bagus itu seperti apa?

8. Pernahkah kalian tidak sanggup menyelesaikan sebuah buku? Biasanya apa yang jadi penyebabnya?

9. Profesi (tokoh dalam buku) apa yang paling kalian suka? Kenapa?

10. Setelah membaca banyak sekali buku, apakah ada keinginan untuk membuat bukumu sendiri?

[Update 20 Januari 2014] Tapi sebelum ke daftar orang-orang yang beruntung menjawab ke-10 soal di atas, kebetulan aku mendapat 10 pertanyaan lagi dari kak Erdeka, dan berikut 10 pertanyaan tersebut:

1. Sejak kapan kamu suka membaca buku?
- Sejak kecil sebenarnya saya sudah suka membaca. Tapi saya baru membaca majalah anak-anak seperti Bobo, Mentari, Kuncup juga komik-komik seperti Doraemon, Dragon Ball Z, P-Man. Tapi dulu pernah sekali saya baca novel karangan Enyd Blyton. Saya lupa judulnya karena sudah lama sekali, tapi saya ingat buku itu dari seri Lima Sekawan.

2. Kenapa kamu suka membaca buku?
- Karena... tak ada alasan untuk tidak menyukainya :'D

3. Pernah nggak kamu merasa menyukai penulis tertentu lalu kemudian kamu merasa tidak menyukai penulis itu lagi? Kenapa?
- Pernah. Pas baca Divergent, walau bagian ending story-nya kacrut banget, setidaknya aku suka banget gaya berceritanya. Tapi kemudian aku mencoba baca sekuelnya, Insurgent, dalam bahasa Inggris (sebelumnya aku baca Divergent yang terjemahan). Dan ternyata, gaya bercerita penulisnya... intinya sih saya tidak tahan untuk tidak segera menskip buku tersebut. Gaya bercerita yang oke di buku pertama itu aku rasa karena kepiawaian sang penerjemah.

4. Sebagai lanjutan pertanyaan di atas, pernah nggak kamu sangat menyukai sebuah buku, tapi kemudian kamu merasa tidak menyukai buku itu lagi? Kenapa?
- Seingatku sih belum ada.

5. Apa kendala terbesarmu dalam membaca buku?
- Ongkos! :)) Buku-buku zaman sekarang mahal-mahal euy :(

6. Apa kendala terbesarmu dalam meresensi buku?
- Tidak ada. Mungkin mood. Tapi aku rasa itu bukan kendala juga.

7. Apa alasan kamu bergabung dengan BBI?
- Ingin bertemu dan mengenal banyak orang yang suka dengan buku :'D

8. Buku apa di wishlist kamu yang sampai saat ini masih belum kamu dapatkan/baca?
- Banyak. Tapi yang ngebet banget pengen segera punya... Every Day - David Levithan, Ready Player One - Ernest Cline, The Casual Vacancy dan The Cuckoo's Calling - J.K. Rowling, The Bartimaeus Installment - Jonathan Stroud, dan The Joshua Files series.

9. Jenis buku apa yang paling tidak mau kamu baca?
- Nonfiksi.

10. Apa cita-citamu berkenaan dengan buku dan membaca?
- Menjadi penulis seperti penulis-penulis favoritku, punya toko buku sendiri dan (semoga) punya perusahaan penerbit sendiri yang bernama Story Eater :'D

Dan tanpa penundaan lagi, orang yang beruntung menerima 10 pertanyaan dariku adalah...
6. Ovie

Harusnya sih 10 orang, tapi kebanyakan sudah kena tag. Dan mungkin beberapa nama yang saya tag juga sudah di-tag. Mungkin kamu ingin ikutan menjawabnya. Tenang, nggak wajib dijawab kok. Award ini murni untuk senang-senang, jadi nggak ada batasan waktu. Sesuka kalian saja =)

Masih satu yang kurang. 10 fakta acak mengenai diriku. Tapi karena yang bisa menilai diriku adalah orang lain, jadi aku skip... okay, okay, tidak aku skip. Berikut 10 fakta acak mengenai diriku. Semoga kalian... well, tidak mual membacanya :))
1. Seringnya, jadi lebih banyak omong ketika membahas buku, film, gadget dan internet. Selebihnya, lebih suka diam sepuluh ribu bahasa (note: soalnya fasihnya cuman dua bahasa, Indonesia dan Jawa)
2. Suka banget dengan tempe goreng dan olahan-olahan tempe lainnya semisal keripik tempe, sambal goreng tempe, kecuali olahannya terlalu banyak tambahan kecapnya. Kadang marah bila tempe direndahkan, dianggap lauk biasa dan sederhana.
3. Gila twitteran. Saking gilanya punya lebih dari 1 akun twitter. Meski yang aktif sekali cuman 3 doang.
4. Jumlah kaos (t-shirt) jauh lebih banyak dibanding kemeja. Jumlah kemeja kurang dari 10 dan hanya dipakai saat ke kampus saja.
5. Selalu kagum pada mereka yang jago gambar.
6. Terobsesi pada kebersihan. Tapi masih dalam taraf normal, tidak sampai seekstrim Howard Hughes.
7. Belum memiliki rak buku. Buku ditaruh di lemari plastik berlaci banyak.
8. Selalu membawa saputangan berbahan handuk kemana-mana. Bukan mau ditawarkan pada seseorang yang tiba-tiba muntah, tapi untuk diri sendiri yang entah kenapa hidung ini suka banget ngeluarin ingus (#eeww) tiba-tiba dan tanpa peringatan.
9. Nyaris semua barangku berwarna biru dan hitam.
10. Menjadikan buku-buku sebagai buaian.

Oke, dan dari sini, tugasku sudah selesai =) Sekarang giliranmu untuk membuka aib bersenang-senang =D

0 comments:

Posting Komentar

 

I'm part of...

Follower

Hey, Jun!