[Un] Affair by Yudhi Herwibowo

[Un] Affair

Penulis: Yudhi Herwibowo
Penerbit: Buku Katta
Tahun terbit: 2012
Tebal: 172 halaman
Genre: Romance
Stew score: Sweet!
Target: Young - Adult (16 tahun ke atas!)

[Un] Affair merupakan "masakan" Yudhi Herwibowo pertama yang aku "makan." Dan bisa dibilang perkenalan pertama ini berjalan baik. [Un] Affair berhasil menghadirkan rasa manis di lidahku.

[Un] Affair berkisah mengenai seorang pemuda bernama Bajja yang bekerja sebagai desainer pada sebuah perusahaan percetakan di sebuah kota kecil bersuasana sendu. Sebuah kota kecil yang secara konsisten selalu dipayungi awan hitam, diguyur gerimis, dan jarang absen dijejaki hujan. Yang juga secara konsisten namanya tak pernah disebut oleh Bajja. Menambah efek kesenduan kota tersebut karena terkungkung tabir misteri.


Bajja merupakan pendatang. Dia murni datang ke kota sendu itu karena jatuh cinta pada kota tersebut. Kehidupannya sendiri cukup lumayan, tenang namun datar. Walau Wara, entitas yang bisa dibilang sebagai sahabatnya, sering menjahilinya, sedikit memberi warna pada kehidupannya yang kurang warna, riak hidupnya tetap tak mengalami goncangan yang berarti.

Badai datang ketika seorang wanita bernama Arra masuk ke dalam kehidupannya. Arra yang telah memiliki kekasih, dan tampak jelas sekali sangat mencintai kekasihnya, berhasil merenggut hatinya. Bajja tahu ini salah, tapi dia tak kuasa menahan keinginan hatinya yang ingin melabuhkan diri pada hati Arra. Belum lagi Arra sering datang dan tertidur di sofa usang di rumah Bajja.

Rumah Bajja memberinya kenyamanan dan rasa damai, begitulah kata Arra. Mungkin tanpa tahu keberadaannya sangat mempengaruhi kondisi Bajja.

Tapi tentu, itu tak sepenuhnya salah Arra. Bajja sendiri, ketika ditanya Arra apakah kehadirannya mengganggu dirinya, apakah Bajja keberatan Arra datang ke rumah kontrakan Bajja sewaktu-waktu, tidak melarangnya. Malah Bajja memberi Arra kunci duplikat rumahnya.

Hingga... Undangan pernikahan Arra diselipkan ke dalam celah di bawah pintunya. Hidup Bajja pun tergoncang untuk kedua kalinya.

Melihat Bajja seperti, well, melihat diriku sendiri di masa kini—meski aku jauh lebih terkejut saat tahu kondisi fisik dan sifat Bajja ini juga nyaris mirip denganku. Menjadi korban perasaan. Aku tahu sekali bagaimana rasanya melihat orang yang kita suka tidak menyukai balik. Atau melihat orang yang kita sukai melimpahkan seluruh cinta dan kasih sayangnya pada orang lain. Hingga dengan tak adil membenci orang lain tersebut.

Dan sejujurnya agak aneh menyebutnya orang lain, sebab kitalah yang orang lain tersebut.

Membaca premisnya, juga mungkin judulnya, mungkin kalian berpikir ada adegan yang menggambarkan keintiman. Dan memang... Kamu mesti kecewa. Sebab tidak ada adegan seperti itu, meski Arra sering tidur di rumah Bajja. Sehingga buku ini pun aman dikonsumsi oleh mereka yang dibawah umur dewasa, meski buku ini tidak masuk dalam kategori buku anak-anak (Indonesia).

Hal yang paling aku suka, dan tampaknya merupakan kekuatan utama dari, [Un] Affair adalah deskripsi kotanya. Kota kecil tempat peristiwa dengan Bajja sebagai tokoh utamanya terjadi. Apakah kota itu benar-benar ada? Kalau ada, aku ingin sekali berkunjung ke sana dan mungkin mencoba memasuki toko buku tuanya. Siapa tahu aku bisa mendapatkan buku-buku lama langka di sana.

Secara keseluruhan, [Un] Affair cukup memuaskanku. Kadar galau dalam novel ini cukup, bisa mempengaruhi pembacanya untuk ikutan galau, tapi tidak sampai berlebihan. Cara penyajian (baca: gaya bercerita penulis) juga oke. Malah menurutku sang chef (baca: penulis) sangat serius dalam hal itu. Bajja digambarkan sebagai sosok yang pendiam. Keseriusan itu ditunjukkan dengan keberadaan dialog yang sangat minim. Kalimat yang keluar dari mulut Bajja bisa dibilang sedikit dibanding kalimat tokoh lain. Apalagi bila dibanding Wara. Potongan terakhir (baca: endingnya), tak sesuai dugaanku. Harusnya bisa lebih nendang lagi. Mengingatkanku akan potongan terakhir Antologi Rasa-nya Ika Natassa.

P.S.
Thanks to Oky dan kak Yudhi Herwibowo sendiri yang telah mengadakan GA berhadiah buku ini dan memilihku sebagai salah satu pemenangnya =)

Posting ini diikutkan dalam Reading Challenge::
| |

0 comments:

Posting Komentar

 

I'm part of...

Follower

Berani ikutan?

http://feedmebook.blogspot.com/2016/02/master-post-tantangan-membaca-seveneves.html