Friday's Recommendation [12]

Sudah lama tidak ikut memeriahkan meme satu ini. Hal itu dikarenakan...

pertama dikarenakan "perbedaan waktu" yang digunakan olehku dan kak Ren, sang penyelenggara meme. Bagiku, hari-hari yang tidak komplit (tidak sampai 6 hari) di awal bulan, aku masukkan ke minggu bulan sebelumnya. Jadi, bila di hari-hari awal (baris pertama) bulan tidak ada hari Rabu (alias Rabu-nya "leha-leha" di bulan sebelumnya), maka hari Rabu di baris kedua merupakan Rabu pertama. Tapi, yah, alasan ini bisa disesuaikan.

Alasan kedua, yang terpenting, belum nemu buku yang layak direkomendasikan. Atau kalau pun ada, buku itu sudah dikenal luas sehingga terasa seperti menuang air ke laut.

Kemudian aku teringat buku di top wishlistku. Buku apakah itu? Inilah dia...

Ready Player One karya Ernest Cline


Genre: Fiksi Ilmiah - Fantasi - Dystopia

Ringkasan:

Ringkasan (versi tercetak di sampul belakang) bisa dibaca di sini. [Blurb in English]

Pernahkah kalian bertanya-tanya, kenapa kebanyakan orang di zaman sekarang lebih suka menghabiskan waktunya dengan berselancar di internet? Pernah mempertanyakan apa alasannya? Karena perkembangan zamankah? Apa guna pulsa kalau tidak digunakan? Percuma punya ponsel pintar kalau cuman dipakai telp, sms dan ngegame?

Ada satu alasan yang cukup populer di kalangan anak muda (pengguna aktif internet): melarikan diri dari dunia nyata.

Hal yang... Lumrah mengingat kondisi sekitar yang tak seindah dulu.

Nah, Ready Player One kurang lebih konsepnya sama. Settingnya saja yang dibikin lebih jauh lagi, di mana bumi benar-benar telah kehilangan kecantikannya. Di Ready Player One, manusia (kebanyakan, atau bahkan mungkin seluruhnya) lebih suka menghabiskan waktu di OASIS. Sebuah tempat virtual di mana impian (terliar sekali pun) para pengunjungnya bisa terwujud.

Perlu digarisbawahi, karena Ready Player One menggunakan setting di masa depan, otomatis mengunjungi OASIS itu terasa sama seperti mengunjungi tempat di dunia nyata. Jadi seluruh organ (atau sel) di dalam tubuh ikut merasakan sensasinya.

OASIS, tempat di mana semua orang melepas penat dan sejenak melupakan dunia nyata yang tak bersahabat, bebas digunakan oleh siapa saja. Mau kaya, mau miskin, mau dari kalangan jetset, menengah, mau pun kurang mampu, boleh menggunakannya. Namun, pemilik OASIS telah meninggal. Dan dia sama sekali tidak punya pewaris. Karena tak punya pewaris dia... Mengadakan sayembara (yang bisa berjalan sendiri tanpa dirinya). Siapa yang menang, dari kalangan apa saja, akan jadi pemegang penuh kuasa OASIS.

Mau tetap digratiskan monggo. Mau dibikin berbayar dan hanya bisa diakses pengguna dari kalangan tertentu juga boleh.

Andaikan dirimu adalah salah satu player, siapkah dirimu menghadapi seluruh dunia?

Alasan merekomendasikan:
4. Karena, dari ringkasannya, menjanjikan kisah yang keren bin spektakuler!
3. Coba lihat sampulnya yang kece tornado (? - badai sudah mainstream xD ) itu. Jelas rak buku kita makin keren dengan adanya dia.
2. Ratingnya di Goodreads yang tinggi.
1. Pepatah bilang, curiosity kill the bookworm. Rasa penasaran memang, yah, menyiksa para kutu-buku. Apalagi bila buku yang bikin penasaran itu, merupakan bagian dari seri, terbitnya masih lama bengot! Tapi tenang saja, rasa penasaran itu hanya ada ketika proses "pengunyahan" (baca: pembacaan) Ready Player One saja. Sebab, Ready Player One merupakan buku sekali hap alias cuman oneshot alias tidak berseri.


Punya rekomendasi buku bagus juga? Jangan ditahan, ntar malah jadi penyakit loh bagikan pada dunia lewat tulisan di blog kalian. Supaya makin banyak orang tahu. Dan siapa tahu ada penerjemah, atau orang-orang penerbitan, yang nyasar ke blogmu dan lalu... Kalian tahu apa lanjutan kalimatku ;)

Tertarik buat ikutan memeriahkan meme ini? Berikut tata caranya::
1. Tulis buku yang ingin kamu rekomendasikan. Kategori buku yang akan direkomendasikan bisa memilih dari kategori di bawah ini :
a. Buku yang ingin diterjemahkan di Indonesia
b. Buku yang sudah terbit di Indonesia, dan ingin kamu rekomendasikan ke pembaca.
Jangan lupa menulis alasan kamu merekomendasikan buku itu ya
2. Jika kamu sudah pernah me-review buku yang ingin kamu rekomendasikan itu, taut balikkan ke link reviewmu ya
3. Pasang button Friday's Recommendation, jangan lupa di taut balikkan ke blog Ren's Little Corner
4. Masukkan link Friday's Recommendation ke linky yang telah disediakan.
5. Jangan lupa untuk blogwalking ke blog - blog lain :)
6. Waktu meme adalah bi-weekly. Diposting setiap hari Jum'at minggu ke-2 dan ke-4 tiap bulan

2 comments:

  1. Aku juga nyadar kalau banyak yang bingung sama kapan meme FR dimulai, jadi udah aku revisi sih rules yang Jumat minggu ke 2 dan ke 4 itu :)

    Bagus nih kayaknya bukunya, dan emang relevan banget sama keadaan saat ini. Semoga ini nantinya diterbitkan disini yaa

    BalasHapus
  2. Ohh, berarti saatnya saya mencopas aturan baru :))

    Amin, Amin, Amin Ya Rabbal Alamin.

    BalasHapus

 

I'm part of...

Follower

Berani ikutan?

http://feedmebook.blogspot.com/2016/02/master-post-tantangan-membaca-seveneves.html